PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR CERPEN SISWA KELAS VII MTsN SUNGAI BEREMAS KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Eldipama Kesambamula
  • Adzanil Prima Septy
  • Agustina .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang diajarkan melalui media audio visual dengan siswa yang diajarkan dengan model konvensional kelas VII MTsN Sungai Beremas, (2) perbedaan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan media audio visual dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional kelas VII MTsN Sungai Beremas, (3) perbedaan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan menggunakan media audio visual dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan menggunakan model konvensional kelas VII MTsN Sungai Beremas, (4) interaksi antara penggunaan media audio visual dengan motivasi belajar terhadap kemampuan menganalisis struktur cerpen kelas VII MTsN Sungai Beremas. Teori yang digunakan adalah Nurgiyantoro (2010) dan Priyatni (2013), Arsyad (2015), dan Kompri (2015).
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian adalah desain factorial anava 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t dan anava dengan menggunakan program SPSS versi 18.
Hasil penelitian memperlihatkan hal-hal sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang diajarkan melalui media audio visual dengan siswa yang diajarkan melalui model konvensional yaitu thitung > ttabel (lima koma enam ratus delapan puluh lima lebih dari dua koma nol dua puluh satu). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan media audio visual dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan model konvensional yaitu thitung > ttabel (tiga koma lima ratus lima puluh sembilan lebih besar dari dua koma nol tujuh puluh empat). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan menggunakan media audio visual dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional yaitu thitung > ttabel (empat koma tujuh ratus sembilan puluh enam lebih besar dari dua koma nol delapan puluh). (4) Tidak terdapat interaksi antara media audio visual dengan motivasi belajar terhadap kemampuan menganalisis struktur cerpen yaitu Fhitung < Ftabel (nol koma nol nol satu lebih kecil dari empat koma nol enam). Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap kemampuan menganalisis struktur cerpen siswa kelas VII MTsN Sungai Beremas Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.
Kata kunci: Menyimak, kemampuan menganalisis struktur cerpen, motivasi, media audio visual

Published

2017-07-12