PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BASA AMPEK BALAI TAPAN

Authors

  • Lidya Emilda
  • Marsis .
  • Abdurahman .

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam menulis cerpen dan guru pada saat pembelajaran tidak menggunakan media yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan; (2) menjelaskan perbedaan hasil belajar keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional; (3) menjelaskan perbedaan hasil belajar keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional; dan (4) menjelaskan interaksi antara media gambar dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar menulis cerpen siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) media gambar (Djamarah dan Zain, Sardiman); (2) motivasi belajar (Dimyati dan Mudjiono, Sardirman, dan Uno); dan (3) cerpen (Aminuddin, Nurgiyantoro, Sumardjo,dan Siswanto). Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah factorial design 2x2. Populasinya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel yaitu kelas X2 kelas eksperimen dan kelas X3 kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan menulis cerpen di kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan adalah 80. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,13 berada di atas KKM, ini disebabkan pengaruh dari perlakuan yang ditetapkan pada kelas eksperimen tersebut menggunakan media gambar akan tetapi, berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata kelas kontrol adalah 77,60 berada di bawah KKM. Kesimpulannya adalah: (1) keterampilan menulis cerpen yang diajar dengan menggunakan media gambar lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional.; (2) keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan media gambar lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan metode pembelajaran kovensional; (3) keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan media gambar lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode pembelajaran kovensional; dan (4) antara media gambar dan motivasi belajar dalam PBM menulis cerpen tidak terdapat interaksi.
Kata Kunci : Media gambar, motivasi belajar, keterampilan menulis cepen.

Published

2017-07-12