PENGARUH CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan siswa menulis teks cerpen dan kurangnya ketertarikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh CTL (Contextual Teaching and Learning) dan Kemampuan Awal Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Kosasih tentang cerpen, pendapat Sanjaya tentang CTL, dan Muslich tentang pemodelan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 124 siswa. Pengambilan sampel dengan jumlah sampel penelitian 36 siswa dilakukan dengan teknik random sampling sederhana yang terdiri dari 18 siswa kelas IX6 dan 20 siswa kelas IX3. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, yaitu: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan pada pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) khususnya penggunaan teknik pemodelan lebih baik daripada kemampuan siswa menggunakan teknik konvensional karena thitung 4,76 > ttabel 1,960; dan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan awal dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) khususnya teknik pemodelan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol karena thitung 2,5 > ttabel 1,960 dapat dipahami bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung > ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) khususnya dengan teknik pemodelan dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen.Kata kunci: keterampilan menulis, kemampuan awal, menulis cerpen, CTL.
Downloads
Published
2017-07-12
Issue
Section
Articles