PENGARUH METODE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 14 PADANG

Authors

  • Susi Endrita
  • Welya Roza
  • Abdurahman .

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh metode TGT dan motivasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Negeri 14 Padang. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Slavin (2005) tentang TGT, pendapat Sardiman (2010) tentang motivasi, dan pendapat Hamalik (2014) tentang hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) yang dilaksanakan di SMA N 14 Padang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS sebanyak 109 orang siswa. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kelompok individu. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, maka terpilihlah kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan teknik analisis anova. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMA Negeri 14 yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT karena diperoleh nilai Qhitung= 4.60 > Qtabel=3.86; (2) terdapat pengaruf hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional karena diperoleh nilai Qhitung= 8.69 > Qtabel = 3.86; (3) terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari metode pembelajaran konvensional karena diperoleh nilai Qhitung = 3.19 > Qtabel = 2.86; dan (4) terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 14 Padang karena diperoleh nilai Fhitung = 5.63 > Ftabel = 3.96. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode TGT dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Metode TGT, Motivasi, dan Hasil Belajar

Published

2017-07-12