PENGARUH TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGAI PENUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik peta pikiran (mind mapping) dan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerpen. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Sumardjo (2007) tentang cerpen, Uno (2016) tentang motivasi, danDeporter (2016) tentang peta pikiran (mind mapping). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain faktorial (factorial design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh yang berjumlah 355 siswa. Pengambilan sampel dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 72 siswa dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling sederhana sehingga terdapat 36 siswa di kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas X5 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, teknik peta pikiran (mind mapping) tepat digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh karena dengan teknik tersebut dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berimajinasi dan berkosentrasi yang dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan analisis statistik menunjukkan thitung 4,805>ttabel 1,960. Kedua, teknik peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan motivasi belajar tinggi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh dalam menulis cerpen secara optimalyang dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen 88,67 lebih tinggi daripada kelas kontrol 77,89, dan analisis statistik menunjukkan thitung 5,775>ttabel 2,042. Ketiga,kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping) lebih baik daripada kemampuan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh yang dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen 75,22 lebih tinggi daripada kelas kontrol 58,22, dan analisis statistik menunjukkan thitung 5,387>ttabel 2,042. Keempat,terdapat interaksi antara teknik peta pikiran (mind mapping) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh yang dibuktikan dengan analisis statistik Fhitung 23,089> Ftabel 3,96. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik peta pikiran (mind mapping) dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 2 Sungai Penuh.Kata kunci: teknik peta pikiran (mind mapping), motivasi belajar, keterampilan menulis cerpen.
Downloads
Published
2017-07-12
Issue
Section
Articles