PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA DM TRIGUNA PADANG

Authors

  • Patdia Dewita
  • Hasnul Fikri
  • Yetty Morelent

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA DM Triguna. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Zainurrahman (2011) tentang eksposisi, pendapat Jalius (2009) mengenai motivasi, dan pendapat Arsyad (2009) tentang media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA DM Triguna sebanyak 90 orang yang terbagi dalam tiga kelas, sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan sampel dari semua kelompok populasi yang ada. Selanjutnya, untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara pengundian sehingga terpilih kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, yaitu: (1) Kemampuan menulis eksposisi siswa dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual, karena thitung 5,062 > ttabel 1,645; (2) Kemampuan menulis eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada kemampuan menulis eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual, karena thitung 2,939 > ttabel 1,701; (3) Kemampuan menulis eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada kemampuan menulis eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan tanpa menggunakan media audio visual, karena thitung 5,471 > ttabel 1,701; dan (4) terdapat interaksi antara pemakaian media audio visual dan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA DM Triguna karena fhitung 3,982> ftabel 2,96. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan motivasi siswa berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis eksposisi.
Kata kunci: media audio visual, motivasi, keterampilan menulis, menulis eksposisi

Published

2017-07-12