DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN “ LEARNING START WITH QUESTIONS (LSQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS MAN KOTO BARU SOLOK

Authors

  • Ardison .
  • Yetty Morelent
  • Welya Roza

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian terdahulu dan jurnal (Wahyudin :2008, Meidina :2014, dan Irsadi:2015) serta observasi maupun wawancara yang peneliti lakukan. Hasil observasi dan wawancara tersebut mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa belum seperti yang diharapkan. Keadaan ini diduga ada kaitannya dengan strategi pembelajaran yang digunakan guru/pendidik dan motivasi belajar siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan jurnal, juga dinyatakan bahwa strategi pembelajaran dan motivasi belajar memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama.Permasalahan dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar siswa kelas XI IS MAN Koto Baru Solok yang diajar dengan LSQ dan konvensional, membandingkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah yang diajar dengan strategi LSQ dan konvensional, untuk melihat interaksi antara strategi LSQ dan motivasi belajar.Terkait dengan pemasalahan dan tujuan penelitian, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS MAN Koto Baru Solok pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 83 siswa dan sampael berjumlah 54 siswa yang ditetapkan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes objektif, dan format observasi. Untuk mengetahui besarnya dampak antar variabel yang diteliti, digunakan teknik analisis uji F dan ANOVA dengan menggunakan program SPSS16.0.Penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat dampak pemakaian strategi LSQ terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS MAN Koto Baru Solok, hal ini dibuktikan dari nilai sig 0,000 < alpha 0,05 dan Fhitung = 2.450 > Ftabel = 2.10 pada taraf kepercayaan 95% (2) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, dengan menggunakan strategi LSQ terhadap hasil belajar lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000< alpha 0,05 dan Fhitung = 3.687 > Ftabel = 2.10 pada taraf kepercayaan 95% (3) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, menggunakan strategi LSQ terhadap hasil belajar lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000< alpha 0,05 dan Fhitung = 976 > Ftabel = 2.10 pada taraf kepercayaan 95% (4) terdapat interaksi pemakaian strategi LSQ dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS MAN Koto Baru Solok, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 537 > Ftabel = 2.10 . Dengan demikian dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat dampak strategi LSQ dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS MAN Koto Baru Solok.

Kata kunci: Learning Start with Questions, Motivasi, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

Published

2017-07-12