PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DI SMP KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Mimi Rosyita
  • Yetty Morelent
  • Marsis .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru dan Motivasi guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Solok dengan menerapkan supervisi akademik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi adalah guru Bahasa Indonesia. Jumlah Populasi adalah 44 Pemilihan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Sampel jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan lembar kerja RPP yang validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Data kemudian dianalisis dengan memanfaatkan program statistik SPSS dan Ms.Excel. hipotesis penelitian ini diuji dengan uji kesamaan dua rata – rata (uji t) pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Secara keseluruhan, kinerja guru dalam pembuatan RPP yang diberi perlakuan supervisi akademik lebih tinggi dari guru yang tidak diberikan supervisi akademik yaitu Fhitung 35.03 lebih hesar dan Ftabel = 3,96, artinya setelah dilakukan perlakuan supervisi guru mampu membuat RPP yang lebih baik. pada taraf nyata α = 0,05,maksudnya supervisi sangat di butuhkan oleh guru walaupun motivasi kinerja guru sudah tinggi. (Fhit = 35.03 > Ftab(α =0,05) = 3,96) (2) untuk guru yang memiliki motivasi tinggi, hasil kinerja guru dalam pembuatan RPP yang diberi perlakuan supervisi akademik lebih tinggi dari guru yang tidak diberikan supervisi akademik diperoleh harga Qhitung = 20,27 Iebih besar dibandingkan dengan nilai Qtabel = 3,84 pada taraf nyata α = 0,05,maksudnya walaupun kinerja guru yang memiliki motivasi tinggi dalam membuat RPP namun hasilnya tidak maksimal. (3) untuk guru yang memiliki motivasi rendah, kinerja guru dalam pembuatan RPP, lebih tinggi dari yang diberi supervisi akademik diperoleh harga Qhitung = 11,67 Iebih kecil dibandingkan dengan nilai Qtabel = 3,84 pada taraf nyata α = 0,05 (4) Terdapat interaksi antara supervisi akademik dan kinerja guru dengan motivasi tinggi dan rendah terhadap pembuatan RPP guru, artinya guru sangat membutuhkan perlakuan supervisi untuk meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan temuan-temuan diperoleh Fhitung 66,80 lebih besar dari Ftabel = 6,96 pada taraf nyata α = 0,05 (Fhit = 66,80 > Ftab(α=0,05) = 6,96) maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Solok dipengaruhi oleh supervisi yang dilakukan oleh pengawas sekolah.
Kata Kunci: Supervisi akademik, motivasi, kinerja guru

Published

2017-07-12