PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MAN KUBANG PUTIH KABUPATEN AGAM

Authors

  • Febriadeti Firstiana
  • Welya Roza
  • Abdurahman .

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi persoalan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAN Kubang Putih Kabupaten Agam, yaitu : (1) kreativitas guru dalam mengembangkan dan menerapkan model atau metode pembelajaran masih kurang. (2) keterampilan menulis yang dimiliki oleh siswa masih kurang, (3) kebiasaan membaca dikalangan siswa masih rendah, dan (4) model pembelajaran discovery learning belum digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh model pembelajaran discovery learning dan kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MAN Kubang Putih Kabupaten Agam. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Tarigan tentang eksposisi, pendapat Tarigan tentang kebiasaan membaca, dan pendapat Abdullah Sani tentang Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri kelas X IPS, kelas X IPA dan kelas X Agama yang berjumlah 57 orang siswa. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel yaitu 2 x 19 = 38 orang yaitu kelas X IPS (kelas eksperimen) dan kelas X IPA (kelas kontrol). Analisis data dilakukan dengan uji t dan uji F.Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) keterampilan eksposisi pada siswa dengan menggunakan metode Discovery Learning lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan metode konvensional, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh thitung = 2,897 > tabel =1.6883, pada taraf signifikansi 0,05. (2) keterampilan menulis eksposisi siswa yang berkebiasaan membaca tinggi lebih tinggi dari siswa yang berkebiasaan membaca rendah, terbukti hasil uji-t diperoleh thitung = 4,871 > ttabel =1.6883, pada taraf signifikansi 0,05. (3) keterampilan menulis eksposisi siswa yang berkebiasaan membaca tinggi yang diajar menggunakan Discovery Learning lebih tinggi dari siswa yang berkebiasaan membaca tinggi yang diajar menggunakan metode konvensional, terbukti hasil uji F diperoleh Fhitung = 9,392 > ttabel =3,26, dan pada taraf signifikansi 0,05. (4) keterampilan menulis eksposisi siswa yang berkebiasaan membaca rendah diajarkan menggunakan metode Discovery Learning lebih tinggi dari siswa yang berkebiasaan membaca rendah yang diajar menggunakan metode konvensional, terbukti hasil F diperoleh Fhitung sebesar 9,286 > ttabel =3,26, pada taraf signifikansi 0,05 (5) terdapat interaksi yang signifikan antara metode Discovery Learning dengan kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa MAN Kubang Putih Kabupaten Agam, terbukti hasil uji F diperoleh Fhitung = 17,010 > ttabel =3,26, pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran discovery learning dan kebiasaan membaca terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis eksposisi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Kebiasaan Membaca Keterampilan Menulis Eksposisi

Published

2017-07-12