KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGETAHUAN PARAGRAF DALAM KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI SALIDO KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Nesha Ratna Wita
  • Yetty Morelent
  • Ineng Naini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan pada aspek menulis. Masalah ini terjadi karena rendahnya minat baca dan pengetahuan siswa terhadap paragraf, sehingga berdampak kepada kemampuan menulis siswa khususnya menulis paragraf deskriptif, terbukti dari nilai kemampuan menulis siswa yang masih berada di bawah KKM. Penyebabnya adalah kurangya dorongan dan motivasi dari guru dan lingkungan sekitar tentang pentingnya membaca. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penjelasan tentang bagaimana kontribusi minat baca dan pengetahuan paragraf terhadap keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Dalman (2014) tentang minat baca, Arifin dan Tasai (2009) tentang pengetahuan paragraf, dan Dalman (2015) tentang menulis deskriptif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga instrumen, yaitu angket untuk minat baca, tes objektif (pilihan ganda) untuk kemampuan pengetahuan paragraf, dan unjuk kerja (menulis karangan deskriptif) untuk mengidentifikasi kemampuan menulis siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis deskriptif karena t hitung (2,613) > t tabel (1,645). Kedua, terdapat kontribusi pengetahuan paragraf terhadap keterampilan menulis deskriptif, kontribusi itu ditunjukkan dari angka t hitung (2,004) > t tabel (1,645). Ketiga, terdapat kontribusi minat baca dan pengetahuan paragraf terhadap menulis deskriptif, kontribusi itu dilihat dari angka f hitung (9,707) > f tabel (3,70). Dari hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan disimpulkan sebagai berikut. Pertama, minat baca berkontribusi langsung terhadap keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Artinya, jika minat siswa tinggi, maka keterampilan menulis deskripsinya juga akan tinggi. Kedua, pengetahuan paragraf secara langsung berkontribusi terhadap keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Jadi, semakin tinggi pemahaman siswa terhadap suatu bacaan, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis deskripsinya. Ketiga, minat baca dan pengetahuan paragraf secara langsung berkontribusi terhadap keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Oleh karena itu, semakin tinggi minat baca dan semakin tinggi pengetahuan paragraf siswa, maka semakin tinggi pula keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Salido Kabupaten Pesisir Selatan.
Kata kunci : minat baca, pengetahuan paragraf, dan menulis deskrptif

Published

2017-07-12