The Impact of Service Marketing-Mix on Visitors Decision in Selecting Carocok Beach as Tourist Attraction
Abstract
Laura Nurwinda1, Sefnedi1, Irda1
1Master of Science Management, Post Graduate Program of Bung Hatta University
ABSTRACT
Tourism development plays important role to accelerate economic growth. One area that has interest in tourism is the South Coastal District where among the flagship attraction is the beach Carocok. The purpose of this study is to investigate the effect of service marketing-mix that consists of product, price, promotion, distribution, people, processes and physical evidence elements on visitors decision in selecting Carocok beach as a tourist attraction. The study population is all visitors who have visited South Coastal District Carocok coast. Sampling is done by using a purposive sampling technique. The number of samples that can be used for analyzing is 160 respondents. Data analysis techniques used for testing the hypotheses is multiple linear regression. The results of analysis found that 1) the variables of product, promotion, distribution, personnel, and processes have a positive and significant impact on the visitors decision in selecting Carocok beach as a tourist attraction, 2) the product has the highest impact on visitors decision in selecting Carocok beach as a tourist attraction, then followed by process, personnel, distribution, and promotion variables. 3) the variables of price and physical evidence did not significantly influence visitors decisions in selecting Carocok beach as a tourist attraction, 4) The services marketing-mix effects visitors decision in selecting Carocok beach as a tourist attraction which accounted for 84%,while the remaining 16% is Influenced by other variables.
Keywords: Service Marketing-Mix, Visitor Decision, and Carocok Beach
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP
KEPUTUSAN PENGUNJUNG DALAM PEMILIHAN PANTAI
CAROCOK SEBAGAI OBJEK WISATA
Laura Nurwinda¹, Sefnedi¹, Irda¹
¹Program Studi Magister Sains Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta
ABSTRAK
Pembangunan sektor pariwisata mempunyai arti penting dalam rangka membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi. Salah satu daerah yang memiliki perhatian dalam kepariwisataan adalah Kabupaten Pesisir Selatan dimana diantara objek wisata yang menjadi andalannya adalah pantai carocok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge-tahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari elemen produk, harga, promosi, distribusi, personil, proses dan sarana fisik terhadap keputusan pengunjung dalam pemilihan pantai carocok sebagai objek wisata. Populasi penelitian adalah seluruh wisata-wan nusantara yang pernah mengunjungi pantai carocok Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik penarikan samplel dengan menetapkan kriteria responden berusia lebih dari 17 tahun (dewasa) dan minimal telah mengunjungi pantai carocok Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak dua kali. Jumlah sampel yang dapat dipergunakan untuk keperluan analisa adalah sebanyak 160 orang. Teknik analisa data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) produk, promosi, distribusi, personil, dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengunjung dalam pemilihan pantai carocok sebagai objek wisata, 2) produk memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pengunjung dalam pemilihan pantai carocok sebagai objek wisata, kemudian diikuti oleh proses, personil, distribusi, dan promosi. 3) harga dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung dalam pemilihan pantai carocok sebagai objek wisata, 4) Besarnya pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pengunjung dalam pemilihan pantai carocok sebagai objek wisata adalah 84%, sedangkan sisanya sebesar 16% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam ruang lingkup penelitian ini
Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasan, Keputusan Pemilihan dan Pantai Carocok