ANALISIS FAKTOR KINERJA PENYEDIA BARANG / JASA KONSTRUKSI JEMBATAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN OWNERS DILINGKUNGAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI SUMATERA BARAT
Abstract
ABSTRAKPembangunan Jembatan di Sumatera Barat pada saat ini sedang gencar-gencarnya dilaksanakan,
Untuk mencapai keberhasilan pembangunan jembatan tersebut, diperlukan hubungan kerja sama
yang baik sesama pihak yang terkait, antara owner, konsultan supervisi dan kontraktor yang harus
didukung dengan kinerja yang baik dalam kegiatan pekerjaan guna memenuhi kebutuhan proyek
tersebut (Khasani, 2013). Sebagian besar proyek pekerjaan jembatan yang dilaksanakan pada
kegiatan pembangunan jembatan dilingkungan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Barat,
selesai (PHO) sesuai dengan waktu kontrak dan sebagian lagi selesai (PHO) dalam masa denda
pelaksanaan, tetapi yang jadi permasalahan pada saat ini apakah semua proyek yang sudah PHO
tersebut memenuhi semua unsur yang telah ditentukan dalam kontrak hal itu dapat dilihat dari
kinerja proyek tersebut dan dengan kinerja yang ada maka akan dapat melihat kepuasan dari owner.
Oleh karena itu Penelitian ini dilaksanakan guna mencari jawaban sejauh mana kinerja penyedia
barang/jasa kontruksi berpengaruh terhadap kepuasan owner. Responden dalam penelitian ini
adalah pihak yang terkait langsung dalam pekerjaan konstruksi jembatan di lingkungan Dinas
Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Barat. Dalam penelitian ini menurut
kajian literatur terdapat 7 faktor Kinerja penyedia barang/jasa kontruksi yang berpengaruh terhadap
kepuasan owner yaitu : Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Material, Sumber Daya Peralatan,
Pengendalian, Metode Kerja, Produk, dan Organisasi. melalui hasil Uji KMO, validitas dan
reabilitas diperoleh hasil semua variabel valid dan reliabel selanjutnya dilakukan uji regresi linier
berganda, Dari hasil Uji Regresi Linear Berganda diperoleh hasil pengolahan data yang menyatakan
bahwa faktor Kinerja penyedia barang/jasa kontruksi yang paling dominan pengaruhnya terhadap
kepuasan owner adalah Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Material, Pengendalian Proyek dan
Produk / Hasil. oleh sebab itu dapat menjadi acuan agar manajemen penyedia barang/jasa dapat
meningkatkan SDM/Pengetahuan dari tenaga ahlinya dan dalam melaksanakan pekerjaan harus
memperhatikan mutu dengan baik agar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan serta
penyedia barang/jasa harus melakukan pengendalian/pengawasan yang rutin pada setiap item
pekerjaan yang dilakukan agar dapat menghasilkan produk sesuai dengan yang diharapkan owners.
Downloads
Published
2019-11-20
Issue
Section
Articles