Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Proyek Konstruksi (Studi Kasus Di Kabupaten Merangin)

Authors

  • Muzadir Hamzah
  • Zaidir .
  • M. Nursyaifi Yulius

Abstract

Setiap proyek memiliki tujuan khusus, didalam proses pencapaian tujuan tersebut ada tiga constraint yang harus dipenuhi yaitu tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu. Setiap proyek mempunyai jadwal dan rencana, permasalahan akan terjadi apabila terjadi ketidaksesuaian antara rencana dengan pelaksanaan yang akan berdampak buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian proyek dan faktor-faktor paling berpengaruh secara signifikan terhadap penyelesaian proyek. Penelitian ini dilakukan pada proyek konstruksi jalan di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Merangin didapat 67 responden dan diolah melalui Analisa Faktor, Anilisa Realibilitas, Analisis Frequencies dan Mean dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menghasilkan 5 faktor dan 29 variabel penyebab keterlambatan proyek, dan didapat 1 faktor yaitu faktor Manajemen Kontraktor dan 7 variabel yang paling berpengaruh terhadap keterlambatan adalah Kualifikasi personil/pemilik yang tidak professional dibidangnya, kualifikasi dan teknis manajerial yang buruk dari personil-personil dalam organisasi kerja kontraktor, kurangnya keahlian dan ketrampilan serta motivasi kerja para pekerja-pekerja yang langsung di lapangan, tidak tersedianya alat/peralatan kerja yang cukup memadai/sesuai kebutuhan, kelalaian / keterlambatan oleh pekerjaan sub kontraktor, pengajuan contoh bahan oleh kontraktor yang tidak terjadwal dan proses permintaan dan persetujuan contoh bahan oleh pemilik yang lama.

 

Kata Kunci : Faktor Keterlambatan, Penyebab Keterlambatan, Manajemen Kontraktor

References

Alwi, dkk, 2003, ‘Identifying The Important Causes Of Delays In Building Construction Projects’, In Proceedings The 9th East Asia-Pacific Conference on Structural Engineering and Construction, Bali, Indonesia.

Budiman Proboyo, 1999 ‘Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek : Klasifikasi Dan Peringkat Dari Penyebab-Penyebabnya’. Dimensi Teknik Sipil Volume 1, No. 1 Maret 1999.

I.A. Rai Widhiawati, 2009, ‘Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi’ Teknologi Elektro, Vol. 8 No.2 Juli - Desember 2009

Kang Sik Wei, 2010, ‘Causes, Effects And Methods Of Minimizing Delays In Contruction Projects’, Universiti Teknologi Malaysia.

Mohammadjavad Mahdavinejad dan Masoomeh Molae, 2011, ‘The Result of Delayed Projects on Publics’ Satisfaction in Tehran’, 2011 2nd International Conference on Construction and Project Management IPEDR vol.15 (2011) © (2011) IACSIT Press, Singapore.

M. Haseeb, dkk, 2011, ‘Problems Of Projects And Effects Of Delays In The Construction Industry Of Pakistan’, Australian Journal of Business and Management Research, Vol.1 No.5 [41-50] | September-2011

Ryan Ariefasa, 2011, ‘Faktor Penyebab Keterlambatan Pekerjaan Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat yang Berpengaruh terhadap Perubahan Anggaran pada Pekerjaan Struktur’ Universitas Indonesia, Depok.

Ronny Junnaidy, 2011, ‘Analisa Penyebab Keterlambatan Pembengkakan Biaya pada Proyek Bangunan Gedung di Kota Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota’ Universitas Bung Hatta, Padang.

Santje Magdalena Iriyanto, ‘Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Jalan Di Kabupaten Jayapura’

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke-21, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Cetakan ke-1, Alfabeta, Bandung.

Suyatno, 2010, ‘Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Proyek Gedung (Aplikasi Model Regresi)’, Universitas Diponegoro, Semarang.

Yahya Rahsid, 2013, ‘Causes of Delay in Construction Projects of Punjab-Pakistan: An Empirical Study’ Humanity & Social Sciences Journal 8 (1): 56-67, 2013 ISSN 1818-4960.

Yendra Fitri. R, 2012, ‘Analisa Faktor-faktor Keter-lambatan Proyek Jalan dai Kota Sawahlunto’ Universitas Bung Hatta, Padang.

Published

2014-03-12