ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE TERHADAP KUALITAS PEKERJAAN PROYEK PADA SATUAN KERJA PELAKSANAAN JALAN NASIONAL WILAYAH I PROVINSI SUMATERA BARAT.

Authors

  • Hamdani .
  • Zaidir .
  • M. Nursyaifi Yulius

Abstract

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menilai praktik banting harga dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah masih tinggi dan berpotensi menurunkan kualitas proyek. Kepala LKPP mengatakan, pemborong dan kontraktor masih ada yang menawar harga tender hingga  <50 %. Meskipun penawaran tender yang rendah menguntungkan pemerintah, tetapi praktik banting harga itu dikhawatirkan akan menurunkan kualitas dan mutu barang atau proyek infrastruktur (Bisnis Indonesia, 2008).

Dalam proses pelaksanaan proyek konstruksi jalan dan jembatan di Prov. Sumbar, diperlukan waktu yang cukup panjang, sehingga kesulitan dalam memprediksi faktor-faktor lainnya yang akan terjadi selama pelaksanaan proyek konstruksi menyebabkan fungsi budgeting menjadi rumit. Persaingan penawaran harga yang semakin tinggi, maka ada suatu keterkaitan antara risiko harga penawaran underestimate yang dapat mempengaruhi kualitas proyek konstruksi jalan dan jembatan di Sumbar. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba mengkaji risiko-risiko tersebut dengan judul penelitian : Analisis Risiko Penawaran Underestimate Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Pada Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Barat.

 

Kata Kunci : Risiko, Underestimate Proyek, Kualitas Proyek

References

Darma Hendra, : “Analisis Risiko Penawaran Underestimate Terhadap Kualitas Proyek Konstruksi Jalan dan JembatanDi Propinsi DKI Jakarta”, Tesis, Universitas Indonesia, Jakarta, 2009

Flanagan R., Norman G.,”Risk Management And Construction”, Blackwell Science, 1993

Pribadi Krishna S., “Konsep Dasar Manajemen Resiko Dalam Proyek Konstruksi”, Materi Kuliah Manajemen Konstruksi, Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, ITB, 2007

Pribadi Krishna S., “Manajemen Resiko Dalam Konstruksi”, Materi Kuliah Manajemen Konstruksi, Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, ITB, 2007

Pribadi Krishna S., “Qualitative Risk Analysis”, Materi Kuliah Manajemen Konstruksi, Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, ITB, 2007

Evans, J. R. and Lindsay, W. M. 2008. The Management and Control of Quality (7th Edition). Thomson South-Western, Ohio.

Gaspersz, V. 2001. ISO 9001 : 2000 and continual quality improvement. Gramedia, Jakarta.

Heizer, J. and B. Render. 1993. Production and Operations Management: Strategies and Tactics. Prentice Hall, New Jersey.

Herjanto, E. 2007. Manajemen Operasi (Edisi ketiga). Grasindo, Jakarta.

Hermawan, A. 2006. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Grasindo, Jakarta.

Kusumaningrum, H. 2009. Kajian Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 (Studi Kasus Pada Perusahaan Otomotif PT. Mah Sing Indonesia. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo, Jakarta.

Purwoto, A. 2007. Panduan Lab Statistik Inferensial. Grasindo, Jakarta. QIMS. 2010. ISO 9001: 2008 – Sistem Manajemen Mutu (COQ-01). http://qimsconsulting.com/?p=70. [8 Februari 2011].

Saaty, T. L. 1991. Pengambilan Keputusan : Bagi Para Pemimpin (Terjemahan). PT. Pusaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik. Gramedia, Jakarta.

Umar, H. 2000. Business an Introduction. Gramedia, Jakarta.

Wangtry. 2009. Standar Mutu. http://wangtry.wordpress.com/2009/02/11/standarmutu/. [11Februari 2011]

Wulandari, R. 2009. Kajian Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 Pada PT. Unitex Tbk, Bogor. Skripsi pada Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Arlen’s, Chris, The 5 Service Dimensions All Customer’s Care About, Revenue- IQ, March 27, 2008.

Barrie, Donald S. and Paulson, Boyd C., Profesional Construction Management, 3rd. ed. Singapore ; Mc. Graw Hill. Inc. 1992.

Barnes, M., How to Allocate Risk in Construction Contract, International Journal of Project Management, 1 (1), 1983.

Bush, V. G.,” Manajemen Konstruksi”, Pustaka Binaan 1991.

Bushaid, K.A. and Ali,Z. Development Quality Culture for Successful Quality Program. Quality a Way of Life. Proceeding of the 3rd. Middle East International Quality Assurance Conference. April, 1995. 31-49.

Cleland, D. I. and King, W. R., System Analysis and Project Management, McGraw-Hill, 1984.

Curtis, Keller, and Over. Process Modeling Communication of the ACM. Dallas, George, Governance and Risk, An Analitical Handbook for Investor, Managers, Directors, Stakeholders, McGraw-Hill, 2004.

Deming. W.E. Out of the Crisis. Cambridge: Massachusetts Institute of Technology. 1986.

Dipohusodo, Istimawan, Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1, Kanisius 1996.

Published

2014-03-13