PERANAN SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN DALAM MENINGKATKAN SUMBERDAYA MANUSIA KAITANNYA DENGAN KETAHANAN KELUARGA (STUDI KASUS SMKN 10 PADANG)
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Peranan SMK Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan sumberdaya manusia kaitannya dengan ketahanan keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara kepada Kepala sekolah, guru dan alumni SMKN 10 Padang. Khusus alumni, responden diambil dengan cara purposive sampeling. Jumlah responden yang diwawancarai adalah 77 orang. Data dianlisa dengan cara dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 10 Padang sudah berperan dalam mendidik siswa untuk menjadi lulusan atau sumber daya manusia yang potensial di bidang kelautan dan perikanan. Sebagian besar alumni yang diwawancarai berumur antara 19 – 20 tahun 32 orang (41,6%), umur 21 – 22 tahun 22 orang (28,6%) dan umur 23 – 24 tahun 13 orang (16,9%), yang berumur lebih dari 24 tahun 6 orang (7,8%) serta yang berumur kurang dari 18 tahun adalah 4 orang (5,2%). Berdasarkan jenis kelamin, kebanyakan responden adalah laki-laki yaitu 63 orang (81,8%) dan yang berjenis kelamin perempuan 14 orang (18,2%). Berdasarkan tahun lulusan, kebanyakan responden adalah lulusan 2009 yaitu 31 orang (40,3%), kemudian lulusan 2010 adalah 19 orang (24,7%), dan responden yang lulusan 2011 adalah 13 orang (16,9%), lulusan 2008 adalah 9 orang (11,7%) dan yang lulusan tahun 2012 adalah 5 orang (6,5%). Kebanyakan responden adalah bekerja di kapal penangkapan ikan yaitu 21 orang (27,3%) dan yang bekerja dikapal bukan penangkapan ikan adalah 18 orang (23,4%), dan yang bekerja sebagai karyawan 16 orang (20,8%), berwirausaha 15 orang (19,5%) dan yang bekerja sebagai buruh 7 orang (9,1%). Berdasarkan masa kerja, kebanyakan responden memiliki masa kerja antara 1 - 2 tahun yaitu 38 orang (49,4%), kemudian diikuti dengan masa kerja kurang dari 1 tahun 27 orang (35,1%), masa kerja antara 3 – 4 tahun 7 orang (9,1%) dan yang memiliki masa kerja antara 5-6 tahun 5 orang (6,5%) serta tidak ada satupun responden yang memiliki masa kerja lebih dari 6 tahun. Skor rata-rata variabel kurikulum adalah 3,45. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kurikulum berada pada kategori baik. Skor rata-rata variabel tentang guru adalah 3,61. Hal ini menunjukkan bahwa variabel tentang guru berada pada kategori baik. Skor rata-rata variabel administrasi adalah 3,56. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa umumnya alumni SMKN 10 Padang menyatakan bahwa layanan yang diberikan oleh petugas administasi kepada siswa sudah baik. Skor rata-rata variabel laboratorium/sarana praktek adalah 2,57. Hal ini menunjukkan bahwa variabel tentang laboratorium/sarana praktek berada pada kategori kurang baik. Skor rata-rata variabel media pembelajaran adalah 3,45. Hal ini menunjukkan bahwa variabel tentang media pembelajaran berada pada kategori baik. Skor rata-rata variabel kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah adalah 3,16. Pada umumnya alumni SMKN 10 Padang menyatakan bahwa kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah pada SMKN 10 Padang sudah cukup baik.
Kata Kunci : Persepsi Lulusan, Tingkat Kemampuan Profesional Lulusan
References
Desi Lena. Peranan SMK Keluatan dan Perikanan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Kaitannya Dengan Ketahanan Keluarga. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Indonesia. 2006
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali, 1999
Wan Usman, Pembangunan dan Ketahanan Nasional, Masalah Analisis, Perencanaan dan Kebijaksanaan, Jakarta, UT, 1997