ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN PPI CAROCOK TARUSAN

Authors

  • Destalina Citra Dewi
  • Alfian Zein
  • Junaidi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Nelayan pada  Pangkalan Pendaratan Ikan  ( PPI )   di  Carocok Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan  dan Analisis Tingkat  Pengelolaan PPI di Carocok Tarusan  Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan ,Penarikan sampel dengan menggunakan Sloivin dari 455 0rang total data Nelayan di ambil 82  orang responden yang dilakukan secara acak untuk keperluan analisa. Berdasarkan hasil penelitian tingkat Pengelolaan PPI Carocok Tarusan dapat di peroleh nilai CSI (Custemer Satisfaction indeks) sebesar 65 % , dimana nilai tersebut berada di selang 0,51 – 0,65. kepuasan nelayan terhadap pengelolaan PPI Carocok Tarusan nelayan baru merasa cukup puas. Berdasarkan Importance dan Performance Analysis (IPA) menunjukan bahwa atribut yang dianggap penting dalam pengelolaan PPI Carocok Tarusan yaitu Kondisi Penggunaan dermaga PPI Carocok Tarusan yang belum Optimal dan ketanggapan memperbaiki fasilitas yang rusak , dimana nelayan tidak merasa puas dengan kondisi saat ini dan Analisis kesenjangan (GAP) atribut yang memiliki kesenjangan terbesar adalah Kondisi Penggunaan dermaga PPI Carocok Tarusan yang belum Optimal dengan nilai -2,59.Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang baik dilaksanakan adalah strategi memanfaatkan kekuatan dan  memanfaatkan peluang  (Strategi SO), strategi prioritas ke 1 peningkatan sarana dan prasarana PPI Carocok Tarusan  melalui kegiatan perikanan pusat, strategi prioritas ke 2 meningkatkan Investasi modal Investor dalam mengembangan usaha di PPI Carocok Tarusan dan  meningkatkan peran kelembagaan formal dan informal  priortitas ke 3 pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan untuk meningkatkan produktifitas PPI, dan strategi prioritas ke 4. memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi dalam peningkatan SDM dan mendukung konservasi lingkungan perairan serta pengelolaan PPI.           

 

Keywords :      Tingkat kepuasan Masyarakat terhadap Pengelolaan PPI Carocok Tarusan      

References

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan 2010. Laporan Tahunan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan 2012. Laporan Tahunan.

Sugiyono. 1997. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan U. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Bogor: PT. Ghalia Indonesia bekerjasama dengan MMA-IPB.

Supranto, S. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta

Yoliza A.2012. Analisis Kepuasan Nelayan Terhadap Pengelolaan PPI Tiku Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat

Beni Guswanto,Iwang G. dan Herman H. 2012 Analisis Indek Kinerja Pengelola dan Indeks Kepuasan Pengguna pelabuhan perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Jurnal perikanan dan kelautan Vol.3 Desember 2012 http://www.google.co.id/?jurnal.unpad.ac.id

Published

2014-08-26