KAJIAN KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KOTA PADANG

Authors

  • Hasnam .
  • Alizar Hasan
  • Yutiar .M Yost

Abstract

Perkembangan penduduk menunjukkan pertumbuhan pembangunan yang cukup tinggi, sehingga tingkat kebutuhan akan pelayanan IMB semakin meningkat. Sejalan dengan hal tersebut akan menjadi tantangan bagi Dinas Tata Ruang Tata Bangunan Dan Perumahan kota Padang dalam memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap kepuasan pelanggan.Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kinerja Dinas Tata Ruang Tata Bangunan dan Perumahan kota Padang dilihat dari 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen yang berhubungan dengan kualitas pelayanan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan survey dan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Adapun penelitian ini bersifat eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, mengedarkan daftar pertanyaan terhadap sampel sebanyak 92 responden dan studi dokumentasi. 

 

Kata kunci : Tangible, Reliability, Reponsiveness, Assurance, Emphaty dan                  Kepuasan pelanggan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, M. Muzahid and Parvez, Noorjahan. 2009. Impact of Service Quality, Trust and Customer Satisfaction on Consumer Loyalty. ABC Journal, Vol. 29, No. 1, pp. 24 – 38.

Ancok, Djamaluddin dan Singarimbun, 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES Jakarta.

Ari Sutha, Damartaji, 2005. Dimensi Kualitas Pelayanan. Penerbit Gramedia Pusataka, Jakarta.

Asep M, Ramadan, 2008 Oktober 22 “Hubungan Kualitas Jasa Dan Kepuasan Konsumen” (http://asep-m-ramadan.blog spot.com).

Davidow, Moshe 2003. You Heard The Word ? The Effect of Word of Mouth on Perceived Justice. Satisfaction and Repurchase Intentions Following Komplain Handling. Journal of Complaining Behavior. Vol. 16 pg. 67.

Dinas Tata Ruang Tata Bangunan dan Perumahan kota Padang, Peraturan Daerah No. 6 Tahun 1990, Tentang Izin Mendirikan Bangunan.

Published

2014-08-28