STUDI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PEKERJAAN PROYEK GEDUNG

Authors

  • Alfianto .
  • Nasfryzal Carlo
  • Hendri Warman

Abstract

Penyedia jasa yang terlibat dalam suatu proyek konstruksi pada umumnya sangat mengharapkan proyek berjalan sesuai dengan rencana. Namun dalam proses pelaksanaan tersebut, sering terjadi hambatan-hambatan yang tidak diketahui sebelumnya. Untuk itu kiranya perlu dilakukan penelitian guna mengetahui faktor-faktor penyebab keterlambatan penyelesaian proyek agar waktu penyelesaian proyek sesuai dengan rencana. Beranjak dari fenomena ini dapat dirumuskan permasalahan didalam penelitian ini, yaitu apa saja faktor penyebab terjadinya keterlambatan pekerjaan proyek bangunan gedung di Kota Jambi, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci dan bagai manakah kontribusi pengaruh masing-masing faktor-faktor penyebab keterlambatan penyelesaian proyek tersebut.methoda yang dipilih adalah dengan penyebaran kuesioner kepada 50 responden di Kota Jambi, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Kemudian data dianalisis dengan uji validasi, uji korelasi, uji reliabilitas dan uji regresi. Hasil analisis faktor ditemukan 3 variabel dominan dari 22 variabel yang berkontribusi menyebabkan keterlambatan, yaitu : Perubahan  metode  kerja oleh kontraktor, Tidak Melakukan Review dan Monitoring Internal, Pelaksanaan tahapan yang jelek. Secara keseluruhan faktor-faktor ini mempunyai pengaruh postif terhadap variabel terikat (keterlambatan).

 

Kata kunci : Keterlambatan proyek, kontribusi, pengaruh

References

Austen A.D., dan R.H. Neale, 1994, Manajemen Proyek Konstruksi Pedoman, Proses dan Prosedur, PPM dan PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Arifal Hidayat, 2004, Faktor-faktor penyebab keterlambatan diproyek konstruksi.

Assaf et al, 1995, Causes of Delay in Large Building Contruction Project.

Chaliabi dan Camp, 1984, Causes of Delay and Overruns of Contruction Project.

Furqon, 1997, Statistika terapan untuk penelitian, CV, Alfabeta, Bandung.

Istimawan Dipihusodo, 1996, Manajemen Proyek dan Konstruksi jilid 1 dan 2, Kan Nisius, Yogyakarta.

Imam Soeharto, 1997, Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.

Singaribun K Efendi S, 2000, Metode Penelitian survei, PT. Pustaka LP3-Indonesia, Jakarta.

Wijanarko,2009, Studi Pengaruh Keterlambatan Proyek Pembangunan Gedung di Sumatra Barat, Tesis Program Pascasarjana Teknik Sipil Universitas Bung Hatta, Padang

Published

2014-08-31