PENGARUH PEMAKAIAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MINAT MENULIS CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN: EKSPERIMEN KUASI PADA SISWA KELAS XII IIS SMA NEGERI 5 PARIAMAN

Authors

  • Nova Mustika
  • Yusrita Yanti
  • Hasnul Fikri

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Penelitian ini fokus pada peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Penulisan sebuah cerpen bukanlah sekedar penyampaian cerita tapi juga menggambarkan sebuah pengalaman yang dibangun oleh unsur-unsur naratif (Sumardjo, 2007). Untuk mendukung keterampilan ini diperlukan media pembelajaran, misalnya pengunaan media audio-visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan pengaruh penggunaan media audio-visual dan minat siswa terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Kelompok siswa yang diteliti adalah siswa kelas XI jurusan  ilmu-ilmu sosial (IIS) di SMAN 5 Pariaman. Metode yg digunakan adalah eksperimen kuasi dengan design faktorial 2 x 2 (Sudjana dan Ibrahim, 2004). Beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Arsyad (2013), Safari (2003), Sumiyadi (2010), dan Nurgiantoro (2010). Dari hasil analisis data ditemukan bahwa penggunaan media audio-visual dan minat menulis cerpen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Dari lima hipotesis terbukti keterampilan menulis cerpen siswa yang diajar dengan media-audio visual bagi kelompok siswa yang memiliki minat yang tinggi dan rendah dalam menulis cerpen terdapat pengaruh yang lebih baik, begitu juga  keterampilan menulis cerpen siswa yang diajar tanpa menggunakan media audio visual untuk  kelompok siswa yang memiliki minat tinggi dan rendah juga terlihat pengaruh yang signifikan sehingga terdapat interaksi antara penggunaan media audio-visual dan minat menulis cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa.  Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 2.811 > Ft sebesar 0,047 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembilang 3 dan dk penyebut 61. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio-visual sangat bermanfaat dan efektif  untuk memicu minat siswa dalam melatih keterampilan menulis dan akan membawa dampak positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, cerpen, media audio-visual, minat.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustakan Utama.

Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Riyanto, Andre. 1982. Peranan Media Audio Visual dalam Pendidikan. Jakarta: Kansisus.

Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Depertamen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan 2003.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Thahar, Harris Effendi. 2008. Menulis Kreatif Panduan bagi Pemula. Padang. Universitas Negeri Padang Press.

Published

2014-09-01