PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VII SMP NEGERI 4 KERINCI
Abstract
Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesi
a siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci, khususnya dalam
mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi merupakan suatu hal yang perlu dicarikan
solusinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan peningkatan hasil
belajar siswa kelas VIIc dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi dengan
menggunakan media audio visual. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa
dalam belajar dan hasil belajar siswa melalui tes. Sejumlah teori yang digunakan adalah konsep
teoretis tentang menulis (Purwo, 1990), karangan narasi (Keraf, 2005), teks wawancara
(Herdiansyah, 2013), media pembelajaran (Djamarah dan Zain. 2006), dan penggunaan media
audio visual (Arsyad, 2007). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini, siswa kelas VIIc SMP Negeri 4
Kerinci. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap
keterampilan menulis siswa kelas VIIc dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi
melalui penggunaan media audio-visual, dengan rentan peningkatannya dari prasiklus ke siklus 1
sebesar 48%, pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 33%. Sebagai kesimpulan dapat dikatakan
bahwa (1) penggunaan media audio visual dapat memotivasi siswa dalam belajar, (2) penggunaan
media audio Visual mempermudah siswa dalam mengingat pelajaran, dan (3) penggunaan media
dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengubah teks wawancara ke
dalam karangan narasi. Oleh karena itu disarankan agar guru dapat menggunakan media
pembelajaran audio-visual untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa
Indonesia.
Kata kunci:menulis, karangan narasi, teks wawancara, media audio-visual
References
Akhadiyah, Sabarti, dkk. 1997. Menulis.
Jakarta: Depdikbud.
Arikunto, dkk, Suharsimi. dkk. 2010.
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2007. Media
Pembelajaran. Jakarta: Grafindo
Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan
Zain. 2006. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara,
Observasi, dan Focus Groups:
Sebagai Instrumen Penggalian
Data Kualitatif. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu
Media Pengajaran. Jogjakarta:
Diva Press.
Keraf, Goryz. 2005. Argumentasi dan
Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.
Purwo, Bambang Kaswanti. 1990.
Pragmatik dalam Pengajaran
Bahasa. Yogyakarta: Karnisius.
Rusyana, Yus. 1994. Bahasa dan Sastra
dalam Gumitan Pendidikan.
Bandung: Diponegoro.
Sadiman, Arief S. dkk. 2007. Media
Pendidikan. Jakarta: Grafindo
Persada.
Syafi’ie, Imam. 1998. Retorika Dalam
Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti
P2LPTK.
Trimantara, Petrus. 2005. ”Metode
Sugesti-Imajinasi dalam
Pembelajaran Menulis dengan
Media Lagu”. Jurnal Pendidikan
Penabur, No.05/ Th.IV: 2-5.
Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Materi
Pokok Penelitian Tidakan Kelas.
Jakarta: Universitas Terbuka.