PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VII SMP NEGERI 4 KERINCI

Authors

  • Al Fadli
  • Yetty Morelent
  • Yusrita Yanti

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesi

a siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kerinci, khususnya dalam
mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi merupakan suatu hal yang perlu dicarikan
solusinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan peningkatan hasil
belajar siswa kelas VIIc dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi dengan
menggunakan media audio visual. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa
dalam belajar dan hasil belajar siswa melalui tes. Sejumlah teori yang digunakan adalah konsep
teoretis tentang menulis (Purwo, 1990), karangan narasi (Keraf, 2005), teks wawancara
(Herdiansyah, 2013), media pembelajaran (Djamarah dan Zain. 2006), dan penggunaan media
audio visual (Arsyad, 2007). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini, siswa kelas VIIc SMP Negeri 4
Kerinci. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap
keterampilan menulis siswa kelas VIIc dalam mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi
melalui penggunaan media audio-visual, dengan rentan peningkatannya dari prasiklus ke siklus 1
sebesar 48%, pada siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 33%. Sebagai kesimpulan dapat dikatakan
bahwa (1) penggunaan media audio visual dapat memotivasi siswa dalam belajar, (2) penggunaan
media audio Visual mempermudah siswa dalam mengingat pelajaran, dan (3) penggunaan media
dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengubah teks wawancara ke
dalam karangan narasi. Oleh karena itu disarankan agar guru dapat menggunakan media
pembelajaran audio-visual untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran bahasa
Indonesia.
Kata kunci:menulis, karangan narasi, teks wawancara, media audio-visual

References

Akhadiyah, Sabarti, dkk. 1997. Menulis.

Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, dkk, Suharsimi. dkk. 2010.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media

Pembelajaran. Jakarta: Grafindo

Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan

Zain. 2006. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara,

Observasi, dan Focus Groups:

Sebagai Instrumen Penggalian

Data Kualitatif. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu

Media Pengajaran. Jogjakarta:

Diva Press.

Keraf, Goryz. 2005. Argumentasi dan

Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990.

Pragmatik dalam Pengajaran

Bahasa. Yogyakarta: Karnisius.

Rusyana, Yus. 1994. Bahasa dan Sastra

dalam Gumitan Pendidikan.

Bandung: Diponegoro.

Sadiman, Arief S. dkk. 2007. Media

Pendidikan. Jakarta: Grafindo

Persada.

Syafi’ie, Imam. 1998. Retorika Dalam

Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti

P2LPTK.

Trimantara, Petrus. 2005. ”Metode

Sugesti-Imajinasi dalam

Pembelajaran Menulis dengan

Media Lagu”. Jurnal Pendidikan

Penabur, No.05/ Th.IV: 2-5.

Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Materi

Pokok Penelitian Tidakan Kelas.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2015-06-24