PENINGKATAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERMAIN PERAN SESUAI DENGAN NASKAH YANG DITULIS SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 34 KERINCI MELALUI APLIKASI ROLE PLAYING

Authors

  • Artiniwati .
  • Marsis .
  • Hasnul Fikri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain peran sesuai dengan
naskah drama yang ditulis siswa kelas VIII C SMPN 34 Kerinci melalui aplikasi model Role
Playing. Karakter adalah watak, tabiat, sifat- sifat kejiwaan yang membedakan seseorang
dengan orang lain (Idup Suhadi, 2006). Kemampuan bermain peran adalah kesanggupan
untuk menghidup dan menjiwai suatu atak yang diperankan (Muhammad, 2005). Naskah
drama adalah karya fiksi yang memuat kisah atau lakon. Teknik penulisannya terstruktur
yaitu tema, latar alur, penokohan, dialog, dan amanat (Waloyo, 2001).Tempat penelitian di
SMPN 34 Kerinci. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C 34 Kerinci berjumlah 20
siswa. Data dalam penelitian ini adalah karakter siswa dalam belajar, kemampuan siswa
menulis naskah drama dan kemampuan siswa bermain peran. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian lembaran obsevasi digunakan untuk
mengukur karakter siswa, untuk mengukur kemampuan bermain peran dan untuk
pengamatan kegiatan peneliti dalam proses pembelajaran. Sedangkan instrumen tes
digunakan untuk mengukur hasil menulis naskah drama siswa. Prosedur penelitian yaitu (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hal penelitian bahwa terlihat
hasil tes pada siklus I nilai rata-rata karakter siswa kelas VIII C 66, 75. Pada siklus II nilai
rata-rata karakter siswa 72,50. Pada siklus III nilai rata_rata karakter siswa kelas VIII C
78,50. Hasil tes kemampuan bermain peran siklus I nilai rata-rata sama adalah 68,12. Siklus
II nilai rata-rata sama adalah 74, 48 dan siklus III nilai rata-rata sama adalah 81, 06. Untuk
hasil tes menulis naskah drama siklus I nilai rata-rata sama adalah 63,33, siklus II nilai ratarata
sama adalah71,66, dan siklus III nalai rata-rata sama adalah 85,00. Dengan demikian
terjadi peningkatan karakter dan kemapuan bermain peran sesuai naskah drama yang ditulis
siswa kelas VIII C SMPN 34 Kerinci melalui aplikasi Role Playing.
Kata kunci: karakter, kemampuan bermain peran, menulis naskah drama

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono,

Widodo2004. Psikologi Belajar.

Jakarta : Rineka Cipta

Morelent, Yetty. 2012. Peningkatan

Kemampuan Berbicara Siswa

Melalui Kegiatan Bercerita

Berbasis Karakter. “Disertasi”.

Bandung: SPs UPI

Niprisoni,. 2013. Skripsi: Peningkatan

Hasil belajar IPA tentang Energi

dan Perubahannya Melalui Model

Group Investasigation Kelas IV

SD Negeri o91/III Sungai

Rumpun. Skripsi tudak

diterbitkan, Jambi : FKIP

Universitas Jambi

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta : Jakarta :Gaung

Persada (GP Press)

Heryati, Yeti, dkk. 2010. Model Inovatif

Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Jakarta: Penerbit Multi Kreasi

Satudelapan

Gani, Rizanur. 1988. Pengajaran Sastra

Indonesia Respon dan Analisa.

Dian Dinamika Press.

Kusmana, Suherli. 2010. Guru Bahasa

Indonesia Profesional. Jakarta :

sketsa aksara lalitya

Kementrian pendidikan Nasional Badan

Penelitian dan Pengembangan

Pusat Kurikulum dan Pembekuan:

Pedoman Pelaksanaan

Pindidikan Karakter. Jakarta

Suprijono, Agus 2011. Cooperative

Learning Teori Aplikasi dan

PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Muhammad, Hamid 2005 Bahasa dan

Sastra Indonesia. Jakarta:

Depertemen Pendidikan Nasional

Published

2015-06-27