PENINGKATAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERMAIN PERAN SESUAI DENGAN NASKAH YANG DITULIS SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 34 KERINCI MELALUI APLIKASI ROLE PLAYING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain peran sesuai dengannaskah drama yang ditulis siswa kelas VIII C SMPN 34 Kerinci melalui aplikasi model Role
Playing. Karakter adalah watak, tabiat, sifat- sifat kejiwaan yang membedakan seseorang
dengan orang lain (Idup Suhadi, 2006). Kemampuan bermain peran adalah kesanggupan
untuk menghidup dan menjiwai suatu atak yang diperankan (Muhammad, 2005). Naskah
drama adalah karya fiksi yang memuat kisah atau lakon. Teknik penulisannya terstruktur
yaitu tema, latar alur, penokohan, dialog, dan amanat (Waloyo, 2001).Tempat penelitian di
SMPN 34 Kerinci. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C 34 Kerinci berjumlah 20
siswa. Data dalam penelitian ini adalah karakter siswa dalam belajar, kemampuan siswa
menulis naskah drama dan kemampuan siswa bermain peran. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian lembaran obsevasi digunakan untuk
mengukur karakter siswa, untuk mengukur kemampuan bermain peran dan untuk
pengamatan kegiatan peneliti dalam proses pembelajaran. Sedangkan instrumen tes
digunakan untuk mengukur hasil menulis naskah drama siswa. Prosedur penelitian yaitu (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hal penelitian bahwa terlihat
hasil tes pada siklus I nilai rata-rata karakter siswa kelas VIII C 66, 75. Pada siklus II nilai
rata-rata karakter siswa 72,50. Pada siklus III nilai rata_rata karakter siswa kelas VIII C
78,50. Hasil tes kemampuan bermain peran siklus I nilai rata-rata sama adalah 68,12. Siklus
II nilai rata-rata sama adalah 74, 48 dan siklus III nilai rata-rata sama adalah 81, 06. Untuk
hasil tes menulis naskah drama siklus I nilai rata-rata sama adalah 63,33, siklus II nilai ratarata
sama adalah71,66, dan siklus III nalai rata-rata sama adalah 85,00. Dengan demikian
terjadi peningkatan karakter dan kemapuan bermain peran sesuai naskah drama yang ditulis
siswa kelas VIII C SMPN 34 Kerinci melalui aplikasi Role Playing.
Kata kunci: karakter, kemampuan bermain peran, menulis naskah drama
References
Ahmadi, Abu dan Supriyono,
Widodo2004. Psikologi Belajar.
Jakarta : Rineka Cipta
Morelent, Yetty. 2012. Peningkatan
Kemampuan Berbicara Siswa
Melalui Kegiatan Bercerita
Berbasis Karakter. “Disertasi”.
Bandung: SPs UPI
Niprisoni,. 2013. Skripsi: Peningkatan
Hasil belajar IPA tentang Energi
dan Perubahannya Melalui Model
Group Investasigation Kelas IV
SD Negeri o91/III Sungai
Rumpun. Skripsi tudak
diterbitkan, Jambi : FKIP
Universitas Jambi
Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : Jakarta :Gaung
Persada (GP Press)
Heryati, Yeti, dkk. 2010. Model Inovatif
Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Penerbit Multi Kreasi
Satudelapan
Gani, Rizanur. 1988. Pengajaran Sastra
Indonesia Respon dan Analisa.
Dian Dinamika Press.
Kusmana, Suherli. 2010. Guru Bahasa
Indonesia Profesional. Jakarta :
sketsa aksara lalitya
Kementrian pendidikan Nasional Badan
Penelitian dan Pengembangan
Pusat Kurikulum dan Pembekuan:
Pedoman Pelaksanaan
Pindidikan Karakter. Jakarta
Suprijono, Agus 2011. Cooperative
Learning Teori Aplikasi dan
PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Muhammad, Hamid 2005 Bahasa dan
Sastra Indonesia. Jakarta:
Depertemen Pendidikan Nasional