ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROYEK PNPM-MPD DI KECAMATAN SIPORA SELATAN, MENTAWAI

Authors

  • Hasudungan .
  • Syamsul Asri
  • Wardi .

Abstract

Sebuah proyek dikatakan berhasil jika pembangunan diselesaikan tepat waktu, sesuai anggaran dan kualitas baik. PNPM-MPd sebagai salah satu program pembangunan pemerintah berbasis masyarakat dimana sasaran dari program ini adalah daerah miskin dan tertinggal. Pengambilan lokasi Kecamatan Sipora Selatan sebagai studi kasus pada tesis ini yaitu karena lokasi Kecamatan Sipora Selatan yang lebih extrim dibandingkan kecamatan yang lain, permasalahanpun lebih complex di kecamatan tersebut. Metode pengumpulan data yang akan dilakukan dengan cara Kusioner dan Metode penelitian yang dilakukan penulis yaitu mengkaji variabel – variabel yang ada serta menentukan kriteria pengukuran terhadap hubungan antara variabel yang diteliti. Pengolahan data dengan menggunakan Program Statistik SPSS V15, dan dari 28 variabel factor yang dianalisa terdapat 8 faktor dominan yang menjadi pengaruh dalam keberhasilan proyek PNPM-MPd tersebut yaitu 1. Aspek Partisipasi Masyarakat; 2. Aspek Tingkat kehadiran, Kesepakatan , serta komitmen pemerintahan setempat terhadap program PNPM-MPd; 3. Aspek Pengawasan pelaksanaan fisik kegiatan; 4. Aspek Pemerintah setempat harus tanggap terhadap aspirasi masyarakat, minimya kesalahan dalam pengerjaan konstruksi, serta metode kerjanya harus sesuai rencana; 5. Perubahan dana kegiatan serta laporan keuangan harus jelas dan transparan; 6. Mobilisasi dan tenaga kerja; 7. Kepemimpinan daerah setempat harus aktif, cuacapun harus mendukung, serta pembebasan lahan; 8. Pengadaan bahan dan alat
Key words : Metode Kuisioner, Program SPPSS V15, Faktor keberhasilan Proyek PNPM-MPd.

References

Adib, 2004. Pembangunan di Pedesaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Book, James B. 1994. Community Development Theory, Community Development Publication, Dept. of Community Development, University of Missouri Columbia.

Bray, Clifford and Erik W. Larson. Manajemen Proyek; Proses Manajerial. Yogyakarta: ANDI.

Deliveri. 2004. Pemberdayaan Masyarakat dalam Praktek. (http://www.deliveri.org).

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya. 2006. Penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan.

Depatemen Pekerjaan Umum – Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia.

Direktorat Badan Pemberdayaan Masyarakat. 2010. Petunjuk Teknis Infrastruktur PNPM Mandiri Perdesaan, Kementrian Dalam Negeri.

Published

2015-12-28