KAJIAN TERHADAP PENEMPATAN PAPAN REKLAME UNTUK MENJAGA KUALITAS VISUAL KAWASAN KOMERSIAL DAN KAWASAN KONSERVASI ( Jalan Hamka, Jalan By Pass Indarung, Jalan Pondok dan Jalan Niaga-Padang)

Authors

  • Ida Wartina
  • Zulherman .
  • Hamdi Nur

Abstract

Papan reklame sebagai media informasi luar ruang sangat efektif menyampaikan informasi dan
pesan karena dapat diterima semua kalangan dalam jangka waktu lama. Selain itu kehadiran papan
reklame memberikan kontribusi positif bagi pendapatan asli daerah. Tetapi pada saat ini penempatan
papan reklame di kota Padang belum memiliki aturan yang jelas, sehingga di beberapa tempat di kota
Padang bagaikan hutan reklame. Keberadaan papan reklame selalu mengambil ruang publik. Di
beberapa tempat papan reklame terkesan bertumpuk dan berebut perhatian. Ini dapat kita lihat pada
jalan Hamka, jalan By Pass Indarung, jalan Pondok dan jalan Niaga. Keberadaan papan reklame
mendominasi wajah kawasan, membentuk rangkaian (sequence) street picture yang tidak teratur,
karena isi reklame/konten, dimensi, penempatan dan jenis medianya menurunkan kualitas visual
kawasan. Selain itu keberadaan papan reklame yang tidak teratur menyebabkan terganggunya
pandangan kearah elemen kota yang seharusnya justru menarik untuk dinikmati seperti arsitektur
bangunan dan landskape kota. Akibatnya masyarakat kehilangan indra pandang untuk menikmati
suatu ruang kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rasionalistik. Penelitian ini
menitikberatkan pada pengamatan cara penempatan papan reklame di lokasi amatan. Lalu mencari
preseden sebagai acuan pedoman untuk membuat arahan cara penempatan papan reklame dikawasan
komersial dan konservasi.Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa secara umum cara penempatan
papan reklame di lokasi amatan belum tertata dengan baik dan belum dapat mempertegas
karakteristik suatu kawasan. Arahan cara penempatan yang diberikan diharapkan dapat mempertegas
karakteristik kawasan dan menjaga kualitas visual kawasan terutama pada kawasan komersial dan
kawasan konservasi.
Kata kunci : papan reklame, kualitas visual, kawasan komersial dan kawasan konservasi

References

Aldy,Pedia. Identifikasi Penataan

Reklame Di Kota Medan. Jurnal

Arsitektur volume 2 No.3. Universitas

Bandar Lampung. 2013.

Handayani,Titik. Identifikasi

Karakteristik Fasade Bangunan

Untuk Pelestarian Kawasan Pusaka

Di Ketandan Yogyakarta. Jurnal

Arsitektur Komposisi. volume 9 No.1.

April 2011.

Heriyono,Paulus,Drs,MT. 2007.

Sosiologi Kota Untuk Arsitek.

Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Lestaningsih,DwiJati. Pengaruh Signage

Terhadap Estetika Visual Koridor

Komersil) Jl.Agus Salim Semarang.

Tesis Pasca Sarjana,Program Studi

Arsitektur. Univ.Diponegoro 2002.

Moleong,J.Lexy. 2006. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Penerbit PT

Remaja Rosdakarya. Bandung

Published

2015-12-29