FAKTOR – FAKTOR KRITIS PENENTU KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PROYEK KONTRAKTOR BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Deddy Kurniawan
  • Alizar Hasan
  • Wardi .

Abstract

Dunia bisnis konstruksi adalah dunia persaingan, yang intensitasnya dari hari ke hari semakin ketat atau
tajam. Untuk unggul dalam bersaing, setiap perusahaan konstruksi dituntut untuk mampu menunjukkan keunggulan
kompetitifnya masing-masing melalui upaya-upaya yang kreatif, inovatif, bekerja secara efektif dan efisien,
sehingga produk atau jasa yang dihasilkan menjadi pilihan pelanggan, yang pada gilirannya nanti diharapkan
pelanggan menjadi loyal. Adanya pelanggan yang puas dan loyal dapat dideteksi melalui kesediaannya melakukan
pembelian ulang di waktu yang akan datang (repurchase) dan senang hati merekomendasikan produk atau jasa yang
dikonsumsi kepada pelanggan yang lain (recommend). Memiliki pelanggan yang loyal adalah tujuan akhir dari
semua aktivitas perusahaan. Hal ini dapat dicapai apabila perusahaan mampu memberikan nilai (value) kepada
setiap pelanggan. Penelitian ini dilakukan di kota Bukittinggi dengan tujuan sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui
seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan terhadap proyek kontraktor bangunan gedung di kota Bukittinggi. (2)
Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan secara bersama-sama keandalan (reliability), ketanggapan
(responsivenes), keyakinan (assurance), empati (emphaty),dan berwujud (tangible) terhadap kepuasan pelanggan
proyek kontraktor bangunan gedung kota bukittinggi. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 100 responden
yang terdiri dari pengguna jasa konstruksi atau pemilik proyek (owner) yang dapat diwakilkan oleh konsultan
pengawas/ tim teknis ataupun perwakilan pemilik proyek yang lain setingkat manajerial dan teknis yang
berkompeten. Hasil penelitian dengan hypotesa menghasilkan bahwa terdapat 4 faktor dominan yang
mempengaruhi faktor – faktor kritis penentu kepuasan pelanggan terhadap proyek kontraktor bangunan gedung di
Kota Bukittinggi faktor bukti fisik (tangibles), ketanggapan (responsiveness), empati (emphaty) dan keandalan
(reliability).
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Pelayanan, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible

References

Atmawati dan Wahyuddin., 2007, Analisis

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Matahari

Departement Store Di Solo Grand Mall, Jurnal

Ekonomi dan Bisnis, Hal. 1 – 12, Universitas

Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Brysland, A., dan Curry, A., 2001, Service

improvements in public services using

SERVQUAL, Managing Service Quality, Vol.

No. 6, pp. 389 – 401

Dharmesta, Basu Swasta dan Handoko, T.

H., 2000, Manajemen Pemasaran: Analisa

Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan

Kedua, Yogyakarta, Liberty

Duwi Priyatno, 2011, Belajar Cepat Olah

Data Statistik dengan SPSS, Andi, Yogyakarta

Ervianto, W. I., 2002, Manajemen Proyek

Konstruksi, Andi, Yogyakarta

Ferdinand, A., 2006, Metode Penelitian

Manajemen: Pedoman Penelitian untuk

Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu

Manajemen, Semarang, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro

Published

2015-12-29