PERANAN BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN BERDASARKAN UU NO 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PADANG

Authors

  • Rendra Catur Putra
  • Lis Febrianda
  • Deaf Wahyuni Ramadhani

Abstract

Birokrasi adalah alat menjalankan tujuan negara dalam memberikan pelayanan publik. Pelayanan
Pendidikan adalah salah satu pelayanan publik. Ada beberapa sekolah yang dilaporkan kepada
Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat terkait pelayanan pendidikan. Rumusan
permasalahan (1)Bagaimanakah peranan birokrasi pemerintahan dalam mewujudkan pelayanan publik
di bidang pendidikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik?
(2)Bagaimanakah kualitas pelayanan publik dalam bidang pendidikan di Kota Padang? (3)Upayaupaya
apa sajakah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Padang dalam meningkatkan kualitas
pelayanan publik dalam bidang pendidikan? Jenis penelitian adalah kualitatif, metode pendekatan
yuridis-sosiologis. Teknik penentuan sampel random sampling, teknik pengumpulan data studi
dokumen, wawancara tidak terpimpin dan kuesioner, di Analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan: (1)Peranan birokrasi pemerintahan dalam mewujudkan Pelayanan
Publik di bidang pendidikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan
publik belum terlaksana dengan baik. (2)Kualitas pelayanan pendidikan di Kota Padang menunjukkan
hasil yang baik. (3)Upaya dilakukan Dinas Pendidikan Kota Padang meliputi upaya umum dan upaya
khusus .
Kata Kunci : Birokrasi, Pelayanan, Publik, Pendidikan

References

Agung Kurniawan, 2005,

Transformasi Pelayanan Publik,

Pembaruan, Yogyakarta.

Budi Setiyono, 2004, Birokrasi Dalam

Perspektif Politik dan Administrasi,

Pusat Kajian Otonomi Daerah dan

Kebijakan Publik, FISIP UNDIP,

Semarang.

Fuad Ikhsan, 2005, Dasar-Dasar

Kependidikan, PT.Rineka Cipta.

H.AS.Moenir, 2001, Manajemen

Pelayanan Umum Di Indonesia, PT

Bumi Aksara, Jakarta.

Husni Thamrin, 2013, Hukum Pelayanan

Publik , Aswa Pressindo, Yogyakarta.

Jusman Iskandar, 2004, Manajemen Publik

Puspaga, Bandung.

Lijan Poltak Sinambela, 2007, Reformasi

Pelayanan Publik, PT. Bumi Aksara,

Jakarta,

M.Mas’ud Said, 2007, Birokrasi Di

Negara Birokratis, Universitas

Muhammadiyah Malang, Malang

Masyhur Effendi, 1994, Dimensi dan

Dinamika Hak Asasi Manusia dalam

Hukum Nasional dan Internasional,

Ghalia Indonesia, Jakarta.

.

Miftah Thoha, 2003, Birokrasi Poltik di

Indonesia, Raja Grafindo Persada,

Jakarta.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih, 2005,

Manajemen Pelayanan, Pustaka

Pelajar, Yogyakarta.

Published

2016-06-11