PENGARUH BUSINESS KNOWLEDGE, BUSINESS SKILL, SELF CONFIDENCE DAN INOVASI TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Erman Budianto
  • Zaitul .
  • Erni Febrina Harahap

Abstract

Pentingnya kinerja bisnis telah didokumentasikan oleh banyak studi. Namun, penelitian kinerja bisnis
perusahaan golongan kecil masih terbatas terutama di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki hubungan antara pengetahuan bisnis, keterampilan bisnis, kepercayaan diri dan inovasi
dengan kinerja bisnis antara IKM di Sumatera Barat, Indonesia dengan menggunakan 282 IKM. Analisis
data menggunakan regresi ganda adalah periode semua variabel independen yang signifikan mempengaruhi
kinerja bisnis secara singkat, semua hipotesis diterima. Implikasi praktis dari penelitian ini bahwa untuk
meningkatkan kinerja bisnis IKM itu, harus meningkatkan pengetahuan bisnis, keterampilan bisnis,
kepercayaan diri dan inovasi. Oleh karena itu regulasi dapat memantau variabel tersebut dalam rangka
meningkatkan kinerja IKM.
Kata Kunci : Business Knowledge, Business Skill, Self Confidence, Inovasi dan Business Performance.

References

Ahmed, Pervaiz K, & Shepherd, Charles D. (2010).

“Innovation Management”, Pearson

Education, Inc., New Jersey

Al-Ansari. Yahya, Pervan. Simon and Xu. Jun

(2013). Innovation and business

performance of SMEs: The case of Dubai.

Education, Business and Society:

Contemporary Middle Eastern Issues. Vol. 6

No. 3/4, 2013 pp. 162-180 q Emerald Group

Publishing Limited 1753-7983.

Al-Uqshari, Yusuf. (2005). Percaya Diri Pasti.

Jakarta : Gema Insani.

Anonimous. (2009). Pedoman Pembentukan dan

Pengelolaan UPL-IKM. Jakarta: Dirjen IKM

Depperin RI.

Antoncic, B. and Omerzel, D.G (2008). “Critical

Entrepreneur Knowledge Dimensions for

the SME Performance”, Industrial

Management & Data Systems, Vol. 108, No.

, pp. 1182-1199

Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi 5.

Jakarta : Rineka Cipta.

Bandura, A. (2005). Evolution of social cognitive

theory. In K. G. Smith & M. A. Hitt

(Eds.), Great minds in management (pp. 9-

. Oxford: Oxford University Press.

Published

2016-06-15