PENGARUH BUSINESS KNOWLEDGE, BUSINESS SKILL, SELF CONFIDENCE DAN INOVASI TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) DI KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstract
Pentingnya kinerja bisnis telah didokumentasikan oleh banyak studi. Namun, penelitian kinerja bisnisperusahaan golongan kecil masih terbatas terutama di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki hubungan antara pengetahuan bisnis, keterampilan bisnis, kepercayaan diri dan inovasi
dengan kinerja bisnis antara IKM di Sumatera Barat, Indonesia dengan menggunakan 282 IKM. Analisis
data menggunakan regresi ganda adalah periode semua variabel independen yang signifikan mempengaruhi
kinerja bisnis secara singkat, semua hipotesis diterima. Implikasi praktis dari penelitian ini bahwa untuk
meningkatkan kinerja bisnis IKM itu, harus meningkatkan pengetahuan bisnis, keterampilan bisnis,
kepercayaan diri dan inovasi. Oleh karena itu regulasi dapat memantau variabel tersebut dalam rangka
meningkatkan kinerja IKM.
Kata Kunci : Business Knowledge, Business Skill, Self Confidence, Inovasi dan Business Performance.
References
Ahmed, Pervaiz K, & Shepherd, Charles D. (2010).
“Innovation Management”, Pearson
Education, Inc., New Jersey
Al-Ansari. Yahya, Pervan. Simon and Xu. Jun
(2013). Innovation and business
performance of SMEs: The case of Dubai.
Education, Business and Society:
Contemporary Middle Eastern Issues. Vol. 6
No. 3/4, 2013 pp. 162-180 q Emerald Group
Publishing Limited 1753-7983.
Al-Uqshari, Yusuf. (2005). Percaya Diri Pasti.
Jakarta : Gema Insani.
Anonimous. (2009). Pedoman Pembentukan dan
Pengelolaan UPL-IKM. Jakarta: Dirjen IKM
Depperin RI.
Antoncic, B. and Omerzel, D.G (2008). “Critical
Entrepreneur Knowledge Dimensions for
the SME Performance”, Industrial
Management & Data Systems, Vol. 108, No.
, pp. 1182-1199
Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi 5.
Jakarta : Rineka Cipta.
Bandura, A. (2005). Evolution of social cognitive
theory. In K. G. Smith & M. A. Hitt
(Eds.), Great minds in management (pp. 9-
. Oxford: Oxford University Press.