KAJIAN TRANSFORMASI BENTUK DAN FUNGSI PADA PERUMNAS TYPE 36 DI AREA KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU

Authors

  • Andrie Herdiansyah
  • Zulherman .
  • Al Busyra Fuadi

Abstract

Pekanbaru merupakan kota yang sedang berkembang. Ini dibuktikan dengan tingginya tingkat urbanisasi yaitu dikarenakan banyaknya pendatang dari berbagai daerah yang ingin melanjutkan pendidikannya. Meningkatnya kebutuhan ruang kota seperti kebutuhan perumahan menjadi salah satu dasar kebutuhan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan transformasi bentuk dan fungsi pada perumnas type 36  di area kampus Universitas Islam Riau dan mengetahui faktor transformasi pada perumnas type 36 di area kampus Universitas Islam Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif di gunakan untuk menggambarkan transformasi bentuk dan fungsi perumnas type 36 di area kampus Universitas Islam Riau. Hasil dari pengolahan data dan analisa ditemukan bahwa Perumahan pada RW. 05 dan RW. 16 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru mengalami transformasi bentuk dan fungsi menjadi komersial di karenakan lokasi yang berada di area kampus Universitas Islam Riau.

Kata kunci: Perumahan, transformasi bentuk dan fungsi

References

Agnes Calista, Gabriella, 2013. Transformasi Desain Rumah Tinggal Di Perumahan Padma Residence (Bantul, Yogyakarta) Saat Ditempati. Universitas Atma Jaya.

Akil, Syafruddin, 2004. Kebijakan dan Strategi Nasional Perumahan dan Permukiman. Bandung

Bintarto, 1983. Interaksi Desa-Kota. Ghalia Indonesia.

Budaya Ekonomi Pada Perumahan Karyawan Kantor Gubernur di Winangun Manado. Universitas Sam Ratulangi.

Budiharjo, Eko, 1998. Arsitektur Perumahan Perkotaan. Gajah Mada University Press.

Budiharjo, Eko, 2014. Arsitektur dan Kota di Indonesia, Alumni, Bandung.

Chromicco, Hendrio. Dewi Komala, Indiarrti. Mulyati Sri, Lilis mahasiswa dan Staff Pengajar, 2013, Dampak Keberadaan Kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga Terhadap Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Sekitarnya. Program Studi PWK Fakultas Teknik Universitas Pakuan.

Cornelius, Van De Ven, 1991. Ruang Dalam Arsitektur, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Destiwi Riski, Ruri. Khadiyanto, Parli. 2013. Perubahan Kondisi Lingkungan Disekitar Perumahan Graha Padma, Semarang Barat. Jurusan Teknik Planologi Universitas Diponegoro

Published

2016-06-16