Pengaruh Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Pekerja Tidak Tetap PT. Djambi Waras Jujuhan Kabupaten Bungo

Authors

  • Prasetyo ., Bung Hatta University

Abstract

 

Prasetyo¹, Dwi Fitri Puspa¹, Surya Dharma¹

¹Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta

E-mail : prasetyook27@yahoo.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Pekerja Tidak Tetap  PT. Djambi Waras Jujuhan Kabupaten Bungo. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketidakamanan kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap intensi keluar (turnover intention) pekerja tidak tetap PT. Djambi Waras Jujuhan Kabupaten Bungo

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pekerja tidak tetap PT. Djambi Waras jujuhan Kabupaten Bungo sebanyak 207 orang dengan metode pengambilan sampel cluster proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin (2009) diperoleh jumlah 136 responden. Untuk menganalisis data penelitian digunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS 17.

Hasil pengujian hipotesis, menemukan terdapat pengaruh positif yang signifikan ketidakamanan kerja terhadap Turnover Intention pada Pekerja Tidak Tetap  PT. Djambi Waras Jujuhan Kabupaten Bungo. Selanjutnya hasil pengujian juga menemukan terdapat pengaruh negatif yang signifikan kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap Turnover Intention pada Pekerja Tidak Tetap  PT. Djambi Waras Jujuhan Kabupaten Bungo. Temuan penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja dalam penelitian ini memberikan pengaruh yang terbesar terhadap Turnover Intention yang kemudian dilanjutkan oleh variabel komitmen organisasional dan ketidakamanan kerja.

Hasil temuan ini juga mengindikasikan adanya pengaruh faktor lain diluar ketiga variabel independen diatas yang juga mampu menjelaskan atau mempengaruhi Turnover Intention. Temuan empiris ini mendukung hasil penelitian terdahulu dan memberikan penguatan serta pemahaman baru mengenai Pengaruh Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention.

 

Kata Kunci     :   Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja Komitmen Organisasional dan Turnover Intention.

Published

2013-03-25