Pengaruh Konflik, Kepuasan Kerja, Motivasi dan Kepemimpinan Kharismatik Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo

Authors

  • Harun Alrasyid Bung Hatta University

Abstract

 

Harun Alrasyid¹, Dwi Fitri Puspa¹, Surya Dharma¹

¹Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta

E-mail : harunista@yahoo.com

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konflik, Kepuasan Kerja, Motivasi Dan Kepemimpinan kharismatik Terhadap Kinerja pegawai Di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo. Populasi penelitian ini meliputi seluruh pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo yang berjumlah 120 orang dengan jumlah sampel penelitian juga sama sebesar 120 orang dengan mengikuti metode sensus (Arikunto, 2002).

Hipotesis penelitian dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konflik, kepuasan kerja, motivasi dan kepemimpinan kharismatik terhadap kinerja pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo. Untuk menguji dan menganalisis hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu program SPSS 17.

Hasil pengujian hipotesis penelitian, menemukan terdapat pengaruh positif yang signifikan kepuasan kerja, motivasi kerja dan kepemimpinan kharismatik terhadap kinerja pegawai. Sedangkan untuk variabel konflik ditemukan terdapat pengaruh negatif yang signifikan konflik terhadap kinerja pegawai. Dari keempat variabel independen, variabel kepemimpinan kharismatik merupakan variabel yang secara dominan yang paling menentukan pengaruhnya terhadap kinerja, kemudian diikuti oleh kepuasan kerja, motivasi kerja dan konflik 

Hasil temuan penelitian mendukung hasil penelitian sebelumnya dan memberikan pemahaman baru tentang Pengaruh Konflik, Kepuasan Kerja, Motivasi Dan Kepemimpinan kharismatik Terhadap Kinerja pegawai .

 

Kata Kunci     : Konflik, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Kepemimpinan Kharismatik dan Kinerja pegawai.

Published

2013-03-25