FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONFLIK PEKERJA KELUARGA PEGAWAI PEREMPUAN PADA BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA (BPPKB) KABUPATEN PASAMAN

Authors

  • Minarti .
  • Dwi Fitri Puspa
  • Akmal .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi  konflik pekerja keluarga pegawai perempuan pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah desain kausal.Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai perempuan BPPKB Kabupaten Pasaman yang berjumlah sebanyak 38 orang. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 38 orang (total Sampling).Untuk membuktikan hipotesis pada penelitian ini digunakan SPSS Versi 15. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: faktor Keadilan organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konflik pekerja keluarga pegawai perempuan. Faktor konflik peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap konflik pekerja keluarga pegawai perempuan, faktor ambiguitas peran berpengaruh positif dan signifikan terhadap konflik pekerja keluarga pegawai perempuan, kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konflik pekerja keluarga pegawai perempuan dan faktor dukungan organisasi yang dipersepsikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konflik pekerja keluarga pegawai perempuan BPPKB Kabupaten Pasaman.

Kata Kunci :Keadilan organisasi, konflikperan, ambiguitas peran, kecerdasan emosional, dukungan orgnisasi yang dipersepsikan dan konflik pekerja keluarga pegawai perempuan.

Published

2017-01-19