PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BUKITTINGGI

Authors

  • Yernita A
  • Yetty Morelent
  • Ineng Naini

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menemukan dan menjelaskan pemakaian teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. (2) Menemukan dan menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. (3) menemukan dan menjelaskan pengaruh interaksi motivasi belajar dan teknik brainstorming siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bukittinggi Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling yang terpilih yaitu kelas XI IPS2 sebagai kelas Eksperimen dan Kelas XI IPS3 sebagai kelas control. Teknik analisis data menggunakan uji F dengan anava dua jalur dengan menggunakan program SPSS 17.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemakaian teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bukittinggi, hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung =127.027 > Ftabel = 3.14 pada taraf kepercayaan 95% (2) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pemakaian teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung =127.027 > Ftabel = 3.14 pada taraf kepercayaan 95% (3) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pemakaian teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung =127.027 > Ftabel = 3.14 pada taraf kepercayaan 95% (4) terdapat interaksi motivasi belajar dan pemakaian teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa SMA Negeri 3 Bukittinggi, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,038 < alpha 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh motivasi belajar dan teknik brainstorming terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bukittinggi.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Teknik Brainstorming, Teks Biografi Tokoh, Keterampilan Berbicara.

Published

2017-01-22