PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMAN 4 KERINCI

Authors

  • Levy Sefrizal
  • Yetty Morelent
  • Abdurahman .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan pengaruh ppenggunaan pendekataan CTL dan motivasi belajar dalam keterampilan menulis karangan deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 Kerinci yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 5 kelas. Kelas yang terpilih menajdi sampel yaitu kelas XA untuk kelas eksperimen dan kelas XB untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dalam menetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini terdapat empat  hasil penelitian sebagai berikut. (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan keterampilan menulis siswa yang menggunakan pendekatan konvensional dengan thitung = 3,460 pada taraf α =0,05 diperoleh  ttabel = 1,684 sehingga thitung> ttabel ; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar menggunakan pendekatan CTL dan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan pendekatan konvensional dengan thitung = 2,089 pada taraf α =0,05 diperoleh  ttabel = 1,684 karena thitung > ttabel; (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan CTL dan siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan pendekatan konvensional karena thitung = 2,089 pada taraf α =0,05 diperoleh  ttabel = 1,684 karena thitung> ttabel ; dan (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan CTL dan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis karangan deskripsi karena Fhitung sebesar 12319100,48 dan Ftabel  4,60 yang berarti bahwa  Fhitung> Ftabel. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan: (1) pendekatan CTL memberikan pengaruh terhadap hasil menulis karangan deskripsi; (2) keterampilan siswa dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional; (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa; (4) antara pendekatan CTL dan motivasi belajar dalam PBM menulis karangan deskripsi  tidak terdapat interaksi.

Kata Kunci : Kontekstual (CTL), Motivasi, Karangan Deskripsi

Published

2017-01-24