PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII (Studi Eksperimen di SMP Negeri 10 Muara Bungo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dan motivasi siswa dalam menulis cerpen. Beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Suprijono (2012), Uno (2006), Sumarjo (2007), dan Nurgiyantoro (2010). Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang konvensional dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat empat hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional karena thitung 2,364>ttabel 1,674. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) lebih tinggi daripada siswa memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan metode konvensional karena thitung 2,381>ttabel 1,761. Ketiga, hasil tes kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperative tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode konvensional karena thitung 2,855> ttabel 1,761. Keempat, Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswa SMP Negeri 10 Muara Bungo Fhitung 0,041<Ftabel 4,024.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 10 Muara Bungo.
Kata Kunci: cerita pendek, motivasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC