PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 VII KOTO SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Wulandari .
  • Marsis .
  • Yetty Morelent

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada aspek keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sariak antara lain. (1) Rendahnya tingkat penguasaan siswa pada aspek kebahasaan dalam menulis teks deskripsi. (2) Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Teori yang digunakan dalam penelitian diambil dari Priyatni (2014), Rosidi (2016), Djaafar (2001). Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sariak yang berjumlah 232 orang siswa. Pengambilan sampel berjumlah 56 siswa dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang dan VII.3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka terdapat empat hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional karena thitung 3,461 > ttabel 1,674. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki kebiasaan membaca tinggi yang diajar dengan metode Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa memiliki kebiasaan membaca tinggi yang diajar menggunakan metode konvensional karena thitung 3,510 > ttabel 1,761. Ketiga, hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki kebiasaan membaca rendah yang diajar dengan metode Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kebiasaan membaca rendah yang diajar dengan metode konvensional karena thitung 4,307 > ttabel 1,761. Keempat, tidak terdapat interaksi antara metode Discovery Learning dengan kebiasaan membaca dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 VII Koto Sungai Sariak karena thitung 0,035 > ttabel 4,024. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa merode discovery learning dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi.

 

Kata Kunci: teks deskripsi, kebiasaan membaca, metode discovery learning.

Published

2017-01-24