PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 PADANG

Authors

  • Wulandari .
  • Marsis .
  • Eva Krisna

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aspek keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang, yaitu: (1) guru tidak menggunakan model pembelajaran yang variatif; (2) siswa kurang terampil menulis; (3) siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide-ide ke dalam tulisan dan sulit untuk menggunakan pilihan kata yang tepat; dan  (4) siswa memiliki motivasi yang masih rendah dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan menulis teks eksposisi.Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Keraf tentang eksposisi, pendapat Sardiman tentang motivasi, dan pendapat Amir tentang model PBL. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain faktorial (factorial design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dengan jumlah sampel penelitian 72 siswa dilakukan dengan teknik random sampling sederhana yang terdiri dari 36 siswa kelas XMIA2 dan 36 siswa kelas XMIA3. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, yaitu: (1) terdapat pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang karena Fhitung 26,32 > Ftabel  19,60; (2) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi lebih baik daripada kemampuan siswa yang menggunakan metode konvensional pada  kelas X SMA Negeri 14 Padang karena Fhitung 107,9 > Ftabel  19,60; (3) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi lebih baik daripada kemampuan siswa yang menggunakan metode konvensional pada  kelas X SMA Negeri 14 Padang karena Fhitung 32,8 > Ftabel  19,60; dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL(Problem Based Learning)  dan motivasi belajar terhadap terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang karena Fhitung 2,666 > Ftabel  0,108 maka dapat dipahami bahwa hipotesis alternatif (H1) ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.

Kata kunci:    keterampilan  menulis, motivasi, menulis eksposisi,  model PBL (Problem Based Learning).

Published

2017-01-24