MANAJEMEN KUALITAS JASA KONSULTANSI UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING

Authors

  • Nofita Harwin
  • Zuherna Mizwar
  • Wardi .

Abstract

Masyarakat Eknomoi Asean (MEA) telah dimulai di berlakukan, dengan tujuan menjadikan Asean sebagai pasar bebas. Dengan pasar bebas berarti arus barang dan jasa termasuk bebas masuk ke sesama negara anggota. Jasa insinyur dan jasa arsitek yang merupakan bagian dari jasa konsultansi termasuk kedalam hal yang di bebaskan untuk masuk ke negara anggota MEA. Untuk menghadapi hal tersebut maka jasa konsultansi termasuk PT.Multikarya Interplan, haruslah memiliki keungglan bersaing atau daya saing untuk dapat memperluas atau mempertahankan pasar sasaranya. Salah satu strategi bersaing adalah Total Qualiti Managemen (TQM).Tujuan dari penelitian ini adalah mencari faktor-faktor yang menjadi kebutuhan pengguna jasa serta untuk mengetahui faktor-faktor yang harus di tingkatkan kualitasnya dengan metode. Metode penelitian ini menggunakan metede gabungan kualitatif dan kuantitatif, metode kualitatif untuk tujuan pertama dan metode kuantitatif untuk tujuan ke dua. Yang menjadi responden adalah Kepala Dinas, Kepala Bidang, PPK, PPTK, bendahara dari kegiatan yang PT.MKI penyedia jasanya. Dari hasil validitas, terdapat 12 variabel yang tidak valid dan 27 variabel yang valid. Uji reliabilitas didapat Alpha > 0,6 maka di anggap realibilitas. Dari analisis servqual, ditemukan 14 variabel yang harus di tingkatkan yaitu Keberadaan kantor, keberadaan kantor perwakilan, peralatan kerja yang modern, keunikan desain, pakaian seragam karyawan, kehadiran pengawas lapangan, menghargai pemilik kegiatan, mencarikan solusi untuk pemilik kegiatan, menyerahkan laporan tepat waktu, analisis dan pemecahan masalah dalam laporan, personil memhami permasalahan dan bisa memberikan solusi, tidak melanggar hal-hal yang prinsip, selalu menepati janji, hadir di setiap undangan.

 

Kata kunci : kualitas, daya saing, servequal.

Published

2017-01-24