PENGARUH DIMENSI GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DENGAN KESIAPAN GURU BAHASA INDONESIA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi gaya kepemimpinan yang terdiri dari elemen pencipta learning organization, penentu arah program sekolah, melaksanakan program supervisi, menunjukkan sifat kepemimpinan, agen perubahan dan melaksanakan motivasi bagi personil terhadap efektifitas implementasi kurikulum 2013 dengan kesiapan guru Bahasa Indonesia sebagai variabel intervening. Populasi penelitian adalah guru Bahasa Indonesia SMA se Kabupaten Pasaman. Jumlah sampel yang digunakan untuk keperluan analisa adalah sebanyak 43 orang. Teknik analisa data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah regresi linear berganda, sederhana, dan bertingkat. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Variabel pencipta learning organization, penentu arah program sekolah, melaksanakan program supervisi, menunjukkan sifat kepemimpinan, agen perubahan dan melaksanakan motivasi bagi personil berpengaruh signifikan terhadap efektifitas implementasi kurikulum 2013. (2) Variabel pencipta learning organization, penentu arah program sekolah, melaksanakan program supervisi, menunjukkan sifat kepemimpinan, agen perubahan dan melaksanakan motivasi bagi personil berpengaruh signifikan terhadap kesiapan guru Bahasa Indonesia. (3) Variabel kesiapan guru Bahasa Indonesia berpengaruh signifikan terhadap efektifitas implementasi kurikulum 2013. (4) Besarnya pengaruh langsung (direct effect) dimensi gaya kepemimpinan terhadap efektifitas implementasi kurikulum 2013 adalah 69,9% sedangkan pengaruh tidak langsungnya (indirect effect) yaitu melalui kesiapan guru Bahasa Indonesia adalah 73,5%.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, efektifitas implementasi kurikulum 2013 dan kesiapan guru Bahasa Indonesia