EVALUASI STRUKTUR PASCA BAKAR GEDUNG PASAR PANDANSARI BALIKPAPAN

Authors

  • Yudi Pranoto
  • Budi Nugroho

Abstract

ABSTRAK


Pasar Pandansari merupakan pasar yang terletak di kota Balikpapan Kalimantan Timur. Pasar ini dibanguna pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2009 dengan fasilitas yang cukup memadai dan bisa menampung lebih dari 1000 pedagang. Pasar ini merupakan salah satu pusat perekonomian masyarakat Balikpapan. Pada tanggal 21 februari 2015 pasar ini terbakar dan sebagian besar kondisi gedung mengalami kerusakan baik kerusakan yang sifatnya ringan maupun berat. Oleh karena itu diperlukan analisa struktur untuk menentukan metode yang tepat untuk dilakukan apakah akan di bangun gedung baru ataukah cukup diperbaiki.
Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data sekunder, rekapitulasi kondisi pasar, pengujian NDT (Non Destructive Test) dan DT (Destructive Test) serta pengujian laboratorium. Pengujian NDT terdiri dari pengujian hammer test dan rebar detector, sedangkan pengujian DT core drill dan core case. Pengujian di laboratorium sendiri adalah pengujian uji tekan beton dan uji tarik baja. Dari hasil pengujian yang dilakukan tersebut kemudian dilakukan analisis tampang utnuk menghitung kekuatan sisa struktur gedung tersebut.
Dari hasil analisa di lapangan dan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kondisi pasca bakar Pasar Pandansari masih cukup baik, sehingga hanya perlu dilakukan perbaikan. Metode perbaikan yang dilakukan yaitu dengancoating, grouting dan prepacked concrete.


Keywords: Pasar Pandansari; Pasca Bakar; Non Destructive Test; Destructive Test

Downloads

Published

2017-05-23