TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD ) (Studi Kasus: Dealer Rajawali Lhokseumawe)
Abstract
ABSTRAK Sepeda motor Yamaha Mio merupakan pengembangan dari sepeda motor Yamaha Nuovo yang telah di inovasi, sehingga pengguna sepeda motor Yamaha Mio mengalami peningkatan yang sangat bagus di Lhokseumae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna sepeda motor Yamaha Mio dan tindakan-tindakan sebagai koreksinya. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment 3 tahap untuk mengetahui atribut-atribut kepuasan produk, tingkat kepentingan, kinerja produk, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur kualitas. QFD diaplikasikan untuk menterjemahkan apa yang diinginkan oleh pelanggan ke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci. Hasil dari penelitian pada sepeda motor Yamaha Mio di Lhokseumwe dengan menggunakan QFD, didapatkan 17 atribut kepuasan produk yang diinginkan oleh pelanggan dan diterjemahkan ke dalam 10 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 10 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 12 kebutuhan proses dan HOQ tahap 3 menerjemahkan 14 kebutuhan proses menjadi 14 prosedur kualitas beserta urutan prioritasnya. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan kepuasan produk sepeda motor Yamaha Mio agar sesuai dengan harapan pelanggan. Kata Kunci: Customer Needs, QFD, HOQ 3 fase ABSTRACT Yamaha Mio motorcycle is an new innovation of Yamaha Nuovo motorcycle,, so the Yamaha Mio motorcycle users has increased in Lhokseumae. This study aims to determine the level of customers satisfaction on Yamaha Mio motorcycle and acts as a correction. This study uses Quality Function Deployment 3 stages to determine the attributes of product satisfaction, the level of interest, product performance, technical parameters, the need for quality processes and procedures. QFD was applied to translate what the customer wants in detailed quality procedures. The results of research on Yamaha Mio motorcycle Lhokseumwe using QFD, obtained 17 product satisfaction attributes desired by customers and translated into 10 technical parameters in the House of Quality (HOQ) stage 1. HOQ matrix phase 2 illustrates how the 10 parameters are translated into 12 engineering process requirements and translate HOQ phase 3 14 14 procedure process needs to be prioritized and their quality. The order of priority is quality procedures that guide the development of product satisfaction Yamaha Mio motorcycle to match the customer's expectations. Keywords: Customer Needs, QFD, HOQ 3 phaseDownloads
Published
2022-03-31
How to Cite
Amri, Syamsul Bahri, & Vivi. (2022). TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ( QFD ) (Studi Kasus: Dealer Rajawali Lhokseumawe). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 1(1), 82-93. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/20819
Issue
Section
Articles