PENINGKATAN NILAI PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN STUDI REKAYASA NILAI (Studi Kasus di Hotel Lido Graha Lhokseumawe)

Authors

  • Bakhtiar. S
  • Amri
  • Mauliawan Saputra
  • Trisna

Abstract

ABSTRAK Persaingan hotel di Kota Lhokseumawe semakin hari semakin meningkat. hal ini menjadikan Hotel Lido Graha Lhokseumawe mulai mengalami kemunduran yang ditandai dengan berkurangnya jumlah tamu yang berkunjung ke hotel tersebut. Dengan demikian, sudah seharusnya Hotel Lido Graha harus meningkatkan nilai pelayanannya. Penerapan Studi Rekayasa Nilai merupakan suatu pendekatan yang bersifat kreatif dan sistematis dari sejumlah teknik yang telah ditentukan atau yang telah direkomendasikan. Terdapat 5 tahapan dalam rencana kerja penerapan metode rekayasa nilai yaitu: tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisa, tahap pengembangan dan tahap rekomendasi. Dengan menggunakan studi Rekayasa Nilai, hasil akhir akan memperlihatkan perbandingan antara alternatif awal dengan alternatif usulan. Berdasarkan fungsi pelayanan dan fasilitas hotel, hasil penelitian menetapkan 5 (lima) kriteria dalam penentuan alternatif pelayanan hotel, yaitu: Informasi fasilitas kamar, Penerimaan Tamu, Kebersihan dan Kelengkapan, Penyajian makanan dan minuman dan Keamanan. Hasil akhir terhadap analisa alternatif desain pelayanan hotel menunjukkan bahwaperformansi Alternatif Usulan 1 = 39,23 dengan value = 1,144 dan performansi alternatif awal = 38,85 dengan value = 1 Kata kunci : Rekayasa Nilai, Alternatif Pelayanan Hotel, AHP ABSTRACT Competition in hotel business at Lhokseumawe city increased rapidly. This makes Hotel Lido Graha Lhokseumawe began declined which is indicate by a reduced in number of visitors to the hotel. Thus, Lido Graha Hotel should increased the value of its services. Application of Value Engineering study is an creative and systematic approach from a number of techniques that have been determined or which recommended. There are 5 (five) stages in implementation of work plan of value engineering methods, there are information phase, the creative phase, analysis phase, development phase and recommendation phase. Using Value Engineering study, the result will showed comparison between initial and recommendation alternatives. Based on services and facilities function, result pointed out 5 (five) criteria to determined alternatives of hotel services. There were Information facilities, Reception, Hygiene and completeness, Presentation of the food and beverage and security. The results on analysis of alternatives designs of hotel services shows that performance of recommendation alternative 1 = 39,23with value = 1,144 and Performance Initial Alternative= 38,85 with value = 1 Keywords: Value Engineering, Hotel Service Alternative, AHP

Downloads

Published

2022-04-04

How to Cite

Bakhtiar. S, Amri, Mauliawan Saputra, & Trisna. (2022). PENINGKATAN NILAI PELAYANAN DENGAN MENERAPKAN STUDI REKAYASA NILAI (Studi Kasus di Hotel Lido Graha Lhokseumawe). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 1(1), 93-104. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/20828