MODEL OPTIMASI PENGIRIMAN PRODUK COCA-COLA KE SALES CENTER (Studi Kasus: PT Coca-Cola Bottling Indonesia Sumatera Bagian Tengah)

Authors

  • Derisma . Universitas Andalas
  • Alexie Herryandie Universitas Andalas

Abstract

Untuk memenuhi permintaan harian Sales Center terhadap produk Coca-Cola, Physical Distribution Manager PT CCBI Sumatera Bagian Tengah membuat rencana pengiriman yang rutin dilakukannya tiap hari. Pada tahap akhir perencanaan  ditentukan jumlah dan jenis truk yang harus dialokasikan ke tiap-tiap Sales Center (SC). Selama ini pengalokasian dilakukan secara intuitif. Besarnya biaya pengiriman dan sulitnya pengambilan keputusan oleh manager mengidentifikasikan bahwa pengambilan keputusan secara intuitif tidak dapat diandalkan. Oleh karena itu perlu digunakan suatu metode analisis yang mampu memberikan keputusan yang lebih baik dari kondisi sekarang. Penelitian ini mengembangkan model optimasi pengalokasian truk untuk pengiriman harian berbagai produk Coca-Cola ke masing-masing SC. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi identifikasi dan karakterisasi sistem, formulasi, verifikasi, paramerisasi, dan validasi model.  Pengkajian karakteristik sistem menghasilkan pengembangan model optimasi dengan Pemrograman Bilangan Bulat.Penelitian ini menghasilkan model Pemrograman Bilangan Bulat dengan fungsi tujuan minimasi biaya pengiriman, serta fungsi kendala yang berkaitan  dengan permintaan dan persediaan produk, daya angkut dan jumlah truk tersedia serta kendala bilangan bulat. Hasil validasi model menunjukkan bahwa total biaya pengiriman yang dihasilkan lebih rendah atau sama dengan biaya  pengiriman aktual dan kendala permintaan, persediaan, ketersediaan truk, serta muatan truk dipenuhi sehingga dapat disimpulkan bahwa model valid.

 

Keywords : Model Optimasi, Alokasi Truk, Pemrograman bilangan bulat

 

 

ABSTRACT

 

To fulfill the daily demand of the Coca-Cola products in Sales Center, the Physical Distribution Manager PT CCBI Central Sumatra make delivery plan that is routinely done every day. At the end of the planning phase is determined the number and type of trucks that should be allocated to each Sales Center (SC). During this allocation is done intuitively. The amount of the shipping cost and difficulty of decision-making by managers identified that intuitive decision can not be used. Therefore it is necessary to use an analytical method that is able to provide a better decision than current conditions.This research developed an optimization model to allocated trucks for daily delivery of the various Coca-Cola products to each SC. The measurement included the identification and characterization systems, formulation, verification, parameterization, and model validation. Assessment result to the system characteristics pointed out that developed an optimization model with Integer Programming.The results of this study in the form of Integer Programming models with shipping cost minimization objective function, and constraint functions related to the demand and supply of products, capacity and  number of truck available and integer constraints. Model validation results indicate that the resulting total cost of delivery is lower or equal to the actual shipping cost and constraints of demand,  supply,  the availability of trucks, as well as truck load can be achieved so it can be concluded that the model is valid.

 

Keywords: optimization models, truck allocation, integer programming

 

Author Biographies

Derisma ., Universitas Andalas

Jurusan Sistem Komputer

Alexie Herryandie, Universitas Andalas

Jurusan Teknik Industri

References

Azhar, Ali, Model Optimasi Perencanaan Investasi Galangan Kapal Dengan Pendekatan Programasi Tujuan Ganda. Makara, Teknologi, Vol. 6, NO. 3. 2002

Gaspersz, V., Analisis Sistem Terapan: Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri, Tarsito, Bandung, 1996.

Indrajit, D., Manajemen Persediaan, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2003.

Simatupang, T.M., Pemodelan Sistem, PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Downloads

Published

2014-01-16

How to Cite

., D., & Herryandie, A. (2014). MODEL OPTIMASI PENGIRIMAN PRODUK COCA-COLA KE SALES CENTER (Studi Kasus: PT Coca-Cola Bottling Indonesia Sumatera Bagian Tengah). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(1), 1 - 12. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/2260