PERANCANGAN BASIS DATA UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLITEKNIK NEGERI PADANG

Authors

  • Yulherniwati . Politeknik Negeri Padang
  • aidil ikhsan Universitas Bung Hatta

Abstract

Basis data yang dirancang dimaksudkan untuk digunakan dalam mengembangkan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Jurusan Teknologi Informasi PNP dengan memperbaharui sistem yang sudah ada yaitu aplikasi pengolahan data tugas akhir dan  praktek kerja  lapangan, aplikasi nilai perkuliahan, aplikasi kusioner perkuliahan dan aplikasi pengolahan data  alumni. Di samping itu juga untuk menjadikannya suatu sistem yang terintegrasi. Beberapa aplikasi yang ada perlu dilengkapi informasinya untuk dapat diperluas aksesnya sehingga dapat diakses oleh mahasiswa, dosen dan pimpinan, tidak terbatas untuk internal staf administrasi saja. Perancangan basis data juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sistem akademik yang sudah mengalami perubahan alur dan prosedur serta format input dan output yang digunakan. Struktur basis data yang baru juga dirancang agar aplikasi dan basis data lebih mudah dipelihara dan dikembangkan. Metodologi perancangan basis data yang digunakan adalah transformasi model ERD ke model relasi, dilanjutkan dengan normalisasi. Hasil perancangan yang didapatkan adalah bentuk relasi yang sudah memenuhi bentuk normal ketiga, namun pada beberapa bagian juga mengalami denormalisasi untuk efisiensi dan kemudahan peangaksesan. Hasil rancangan akan diimplementasikan menggunakan DBMS MySQL pada sistem operasi Linux.

 

Kata kunci:  perancangan, basis data, sistem akademik berbasis web

 

 

ABSTRACT

 

The designed database is intended to be used in developing Web-based Academic Information Systems Department of Information Technology PNP that update existing system consist of data processing application for final project, field practice, grade,  questionnaire and alumni. In addition, it is also to make it an integrated system. Some existing applications need to be equipped to be able to expand access to information that can be accessed by students, lecturers and leaders, is not limited to administrative staff only. Database design is also intended to meet the needs of the academic system that has experienced a change workflow and procedures as well as input and output formats are used. The new database structure is designed so that applications and databases more easily maintained and developed. Database design methodology used is ERD model transformation to relational model, followed by normalization. The design results obtained is relational model  that already meets the third normal form, but in some parts also experienced denormalization for access efficiency and ease. The design will be implemented using the MySQL DBMS on Linux operating system.

 

Keyword:  design, database, web-based academic system

Author Biographies

Yulherniwati ., Politeknik Negeri Padang

Jurusan Teknologi Informasi

aidil ikhsan, Universitas Bung Hatta

Jurusan Teknik Industri

References

Fathansyah, 2012, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung.

Nugroho, Adi, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Stephens , Ryan K. & Plew , Ronald R., 2001, Database Design, Sams Publishing. AS.

Sutanta, Edhy, 2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual.

Turban, Efraim, et al, 2008, Information Technology for Management 6th Ed, John Wiley & Sons, AS.

http://setcom.ee/tanno/info/is/teave/ained/it/ite_is_db_alu_michiganuni_teorey_database_design_2013.pdf. Toby J. Teorey, Database Modeling and Design 3rd Edition, University of Michigan, Lecture Notes. Diakses tanggal 2 Juni 2013.

Downloads

Published

2014-01-16

How to Cite

., Y., & ikhsan, aidil. (2014). PERANCANGAN BASIS DATA UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLITEKNIK NEGERI PADANG. Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(1), 13 - 25. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/2261