Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Rendang Secara Online (Study Kasus Platform Shopee)

Authors

  • Aidil Ikhsan
  • Yutri Azimi Putra

Keywords:

Pengembangan Produk, web scrap, Penelitian Pasar Online, Rendang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian rendang secara online melalui platform Shopee. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui web scraping dari komentar konsumen yang telah membeli rendang di Shopee. Analisis menunjukkan bahwa rasa merupakan faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan kontribusi sebesar 44,69% sebagai core product. Selain itu, layanan tambahan seperti pengiriman cepat dan respons penjual juga signifikan, dengan kontribusi 39,24% sebagai augmented product. Temuan ini menekankan pentingnya kualitas rasa dan layanan tambahan dalam meningkatkan kepuasan konsumen.

References

Apol. (2019). E-commerce service design readiness using ITIL framework with IT balanced scorecard objective (Case Study: University e-Commerce). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050919318356

Emilio et all, Web data extraction, applications and techniques: A survey , Knowledge-Based Systems Volume 70 , November 2014, Pages 301-323

Kotler, P. (2006) ‘Manajemen pemasaran’, in. Jakarta: P.T Indeks Gramedia.

Melda Betaria Sitepu, Ibnu Rasyid Munthe2, Syaiful Zuhri Harahap, (2022),Implementation of Support Vector Machine algorithm for Shopee Customer Sentiment Analysis,Volume7.

R. Sarkhel et all (2023) Self-Training for Label-Efficient Information Extraction from Semi-Structured Web-Pages, Proceedings of the VLDB Endowment, Volume 16, Issue 11, Pages 3098 – 3110, https://doi.org/10.14778/3611479.3611511,Published: 01 July 2023 Publication History. Sinkron : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika

Rahmawati Rahmawati, Wahyu Fuadi, Yesy Afrillia (2024),Cosmetic Shop Sentiment Analysis on TikTok Shop Using the Support Vector Machine Method, International Journal of Engineering, Science and Information Technology (IJESTY) eISSN 2775-2674, Published by Department of Information Technology, Universitas Malikussaleh, Indonesia

Sahria Y. (2022) implementasi teknik web scraping pada Jurnal SINTA untuk analisis topik penelitian kesehatan Indonesia. University Research Colloqium. (pp 297–306). Yogyakarta

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2012) Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Wong Winnie, Poh-Ming (2014) , ‘The Effect of Website Quality on Customer Loyalty: The Mediating Effect of Trustworthiness’ , International Journal of Academic Research in Business and Social Scinces , Vol. 4 No 3, pp. 19-41

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Ikhsan, A. ., & Yutri Azimi Putra. (2024). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Rendang Secara Online (Study Kasus Platform Shopee). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 11(1), 1 - 10. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/26038