PERBAIKAN RANCANGAN PERALATAN DAN FASILITAS KERJA PEMBUATAN GELAMAI (Studi Kasus : Usaha Galamai X)

Authors

  • Eva Suryani Universitas Bung Hatta
  • Yesmizarti Muchtiar Universitas Bung Hatta
  • Dedek Kurniawan Jurusan Teknik Industri

Abstract

Permintaan pelanggan terhadap Gelamai X hingga sekarang cukup tinggi. Namun dalam kegiatan produksinya ditemukan banyaknya keluhan dari para pekerja berupa rasa sakit pada beberapa bagian tubuh pekerja. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk itu dicarilah akar penyebab masalah dari berbagai keluhan tersebut dengan menggunakan fish bone diagram sehingga diharapkan nantinya pekerja bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Hasilnya didapatkan beberapa hal yang terkait dengan fasilitas dan peralatan yang digunakan sekarang dalam berproduksi sebagai faktor yang berkontribusi menimbulkan berbagai keluhan pada pekerja. Untuk memperbaiki kondisi yang ada sekarang maka dilakukan perbaikan rancangan terhadap berbagai fasilitas dan peralatan yang digunakan dalam kegiatan produksi tersebut. Perancangan dilakukan dengan mempertimbangkan aspek antropometri. Hasilnya didapatkan rancangan fasilitas dan peralatan yang ergonomis, yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam bekerja.

 

               

Kata Kunci : Ergonomi, Antropometri, Fish Bone diagram

 

 

ABSTRACT

 

Galamai X have a high order from the customers. Unfortunately on the production process have found complain from the employees like a pain on the part of their bodies. This condition could affect the employees to do their job. For that, the problem could be solve to handle the complain of employees with find the root causes of the problem using fish bone diagram. The result is find the facilities used to production now have contribute to make a complain to the employees. To repair this condition the facilities have to redesign with considering the ergonomic factors especially anthropometry aspect. Finally we could find the ergonomics facilies to increase their work effective and efficient.

 

Key words : Ergonomics, Anthropometry, Fish Bone Diagram

Author Biographies

Eva Suryani, Universitas Bung Hatta

Jurusan Teknik Industri

Yesmizarti Muchtiar, Universitas Bung Hatta

Jurusan Teknik Industri

Dedek Kurniawan, Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri

References

Eko Nurmianto, 2003, Ergonomi, Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Guna Widya, Surabaya

John A. Roebuck, Jr. 1995, Anthropometric Methods : Designing to Fit the Human Body, Human Factors and Engineering Society, Santa Monica.

Julius Panero, AIA, ASID, dan Martin Zelnik, AIA, ASID, 2003, Dimensi Manusia dan Ruang Interior, Erlangga, Jakarta.

Mark S. Sanders, PhD. And Ernest J. Mc. Cormick, PhD., 1993, Human Factors In Engineering And Design, Seventh Edition, Mc. Graw Hill, New York.

Downloads

Published

2014-06-19

How to Cite

Suryani, E., Muchtiar, Y., & Kurniawan, D. (2014). PERBAIKAN RANCANGAN PERALATAN DAN FASILITAS KERJA PEMBUATAN GELAMAI (Studi Kasus : Usaha Galamai X). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(1), 26 - 36. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/3391