ANALISIS ASPEK PASAR, PEMASARAN DAN KEUANGAN TERHADAP KELAYAKAN KELAYAKAN PENGEMBANGAN BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI DI DAERAH PANAM PEKANBARU

Authors

  • Neng Sri Novi Fitri Yani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru
  • Hery Kurniawan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

Abstract

Analisis kelayakan usaha merupakan hal yang terpenting dalam mendirikan suatu usaha guna menentukan layak atau tidaknya usaha dijalankan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui layak atau tidaknya pengembangan bimbingan belajar Nurul Fikri di daerah Panam. Penelitian ini, hanya menganalisis tiga aspek, yang memiliki pengaruh besar terhadap kelayakan pengembangan Bimbel Nurul Fikri Panam, yakni aspek ; (i) pasar, (ii) pemasaran dan (iii) keuangan. Pada aspek pasar penelitian dilakukan dengan menganalisis   hasil wawancara terhadap 5 orang responden. Aspek  pemasaran  menggunakan 164 kuesioner yang disebar di tujuh SMP dan lima SMA yang ada di Kecamatan Tampan. Hasil analisis aspek pasar menunjukan bahwa pengembangan Bimbel Nurul Fikri di Panam sangat sesuai, karena letaknya yang menjadi pusat pendidikan, pusat pengembangan kota serta banyak terdapat sekolah Islam, sehingga sangat mendukung program Bimbel Nurul Fikri yang mengintegrasikan keislaman dengan ilmu pengetahuan. Dari analisis  aspek pemasaran  diketahui bahwa para responden menginginkan pihak Bimbel Nurul Fikri menyediakan fasilitas pendukung dalam belajar, lokasi yang strategis, adanya diskon serta promosi yang dilakukan dengan cara langsung terjun kesekolah-sekolah.  Sedangkan dari analisis aspek keuangan analisis PP memiliki waktu pengembalian yang tidak cukup, NPV bernilai negatif yaitu  Rp -15.559.749.8, Sedangkan untuk IRR, nilai suku bunga pengembalian investasi sebesar 10,11 % lebih kecil dari MARR sebesar 12 %. Dari kriteria PP, NPV dan IRR Bimbel Nurul Fikri tidak layak dikembangkan di Panam.

 

Kata Kunci: Kelayakan, Aspek Keuangan, Aspek Pasar dan Aspek Pemasaran, Bimbel

 

ABSTRACT

 

Business feasibility analysis is paramount in establishing a viable effort to determine whether or not the effort is run. The purpose of this research is to know the worth or whether the development of Nurul Fikri tutoring in Panam. This study, just analyzing the three aspects of feasibility, which have great influence on developing Tutoring Nurul Fikri Panam, (i) the market, (ii) marketing and (iii) finance.In the aspect of market, research have been done by analyzed the interview result to 5 responden.While in marketing aspects, questionnaire was used and about 164 quistionnaire deployed  in seven SMP and five SMA in Tampan district. The results of the market shows that the development of Bimbel Nurul Fikri in Panam was feasible, because the region is in the center the city and development center, there are many Islamic school and they are very supporting Bimbel Nurul Fikri that integrate Islamic with science. In term of marketing aspect, the respondents wanted the Nurul Fikri Tutoring provides support facilities in the study, a strategic location, as well as the discounts promotions carried out by means of direct school-school.While the analysis of the financial aspects of PP analysis has a turnaround time that is not enough, NPV gave negative value of Rp 15.559.749.8,.As for IRR, IRR on investment amounted to 10, 11% smaller than MARR rates of 12%. From the criteria of PP, NPV and IRR Tutoring Nurul Fikri unfeasible to developed in Panam.

 

Keywords: Feasibility, Financial Aspects, Market Aspects and Marketing Aspect

References

Kasmir dan Jakfar. “Studi Kelayakan Bisnis”. Edisi kedua. Prenada Media, Jakarta Timur. 2008.

Riduwan dan Sunarto. “Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis”. CV. Alfabeta, Bandung. 2010

Meirina, Zita. “Bimbingan Belajar, Bisnis Subur Menjelang Ujian Sekolah ”. Jurnal Bisnis Bali.

Umar, Husein. “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”. Edisi kedua. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta. 2008.

Downloads

Published

2014-06-19

How to Cite

Yani, N. S. N. F., & Kurniawan, H. (2014). ANALISIS ASPEK PASAR, PEMASARAN DAN KEUANGAN TERHADAP KELAYAKAN KELAYAKAN PENGEMBANGAN BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI DI DAERAH PANAM PEKANBARU. Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(1), 61 - 72. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/3394