ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA DALAM MEMILIH PONSEL NOKIA

Authors

  • Ayu Bidiawati J.R Universitas Bung Hatta

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut pengusaha ponsel menawarkan kelebihan – kelebihan produknya untuk bisa bersaing. Salah satu ponsel yang banyak diminati konsumen terutama dikalangan mahasiswa adalah produk Nokia. Untuk mengetahui alasan mahasiswa lebih memilih ponsel Nokia, maka dilakukan penelitian. Penelitian dilakukan melibatkan faktor psikologis, yaitu faktor motivasi, persepsi, pengetahuan, sikap dan kepercayaan yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih ponsel Nokia, khususnya mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang (UBH). Hasil yang diperoleh adalah faktor utama yang mempengaruhi mahasiswa UBH dalam memilih ponsel Nokia adalah faktor persepsi dengan variabel pembentuknya kemasan yang menarik, merek yang ternama, kemudahan dalam menggunakan produk, pelayanan yang baik, karateristik atribut produk, manfaat produk, dan model/ tipe yang beragam. Sedangkan kelebihan ponsel Nokia adalah produk yang tidak mudah rusak,  ponsel yang tahan lama, dapat digunakan untuk jangka waktu lebih lama sehingga dapat mengekonomiskan pengeluaran dari mahasiswa.

 

Kata kunci : Ponsel, Faktor Psikologis, Atribut Produk, Variabel, Persepsi

 

 

ABSTRACT

 

Technology development demanding businessman cellular phones offer excess of its products to able to compete. One of a cell phone many consumers especially among favorite student is the product of Nokia. To find out the reason students prefer a Nokia mobile phone, then doing the research. The research is done involving a factor of psychological, such as a factor of motivation, perception, knowledge, attitudes and beliefs that affects a student in choosing cellular phones of Nokia, especially for students of Bung Hatta University (UBH). The results obtained is a major factor affecting student UBH in choosing cellular phones of Nokia is the factor of perception with a variable of creation an attractive packaging, branding, ease in using the product, good service, characteristics of products, product attributes, benefits and a wide array of model/ type. While the advantages of a Nokia mobile phone is a product that is not easily broken, mobile phones are durable, can be used for a longer period of time so that it can be more economic for them.

 

Keyword: Cellular Phone, Psychological Factor, Products Attributes, Variables, Perception

References

Alhusin, Syahri, 2003, Aplikasi Statistik Praktis Dengan SPSS 10 For Windows, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, PT. Prehalindo, Jakarta.

SWA, 30 September 2004; No. 20/XX

Schiffman, Leon.G. dan Kanuk, Leslie, 2002, Perilaku Konsumen, Jakarta, PT. Indeks

Sumarwan, Ujang, 2004, Perilaku Konsumen, Bogor, Ghalia Indonesia

Umar, Husein, 2007, Riset Perilaku Konsumen, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Supranto, J, 2004, Proposal Penelitian Contoh, Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Downloads

Published

2014-07-22

How to Cite

Bidiawati J.R, A. (2014). ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA DALAM MEMILIH PONSEL NOKIA. Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 2(2), 153 - 163. Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/3402