PARTISIPASI KARYAWAN DALAM MENDUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PROGRAM LINGKUNGAN,KESEHATAN DAN KESEHATAN KERJA (LK3)

Authors

  • Meilizar Kosasih Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan lingkungan dan kepedulian terhadap karyawan lingkungan dengan partisipasi dalam program dukungan EHS PT Enggal Sukses Perkasa di Bekasi, studi Barat Java.This lebih menekankan pada karyawan di industri manufaktur perusahaan yang sebuah perusahaan subkontraktor Astra dan mendapatkan bimbingan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dari Yayasan Dharma Bhakti Astra dengan tujuan membangun perusahaan A green. Data yang diperoleh dengan menggunakan methodologi kuantitatif sthrough metode survey, dengan menggunakan dua bentuk kuesioner yaitu tes dan kuesioner non-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengetahuan tentang lingkungan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan partisipasi karyawan dalam mendukung program lingkungan, kesehatan dan keselamatan. 2. Kesadaran lingkungan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan partisipasi karyawan dalam mendukung program lingkungan, kesehatan dan keselamatan. 3. Pengetahuan tentang lingkungan dan masalah lingkungan bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan partisipasi karyawan dalam mendukung program lingkungan, kesehatan dan keselamatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bagaimana jika pengetahuan tentang lingkungan dan masalah lingkungan bersama-sama meningkat, partisipasi karyawan dalam mendukung program lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja juga akan meningkat .


Kata Kunci : Pengetahuan , Lingkungan , Kesadaran , Partisipasi , dan Kesehatan Dan Keselamatan

 

ABSTRACT

 

The objective of this research is to study the relationship between knowledge of environment andconcern for environment employee with the participation in support program EHS PT Enggal Sukses Perkasa in Bekasi, West Java. This study is more emphasis on employees in the company's manufacturing ndustry which is a subcontractor company Astra and get guidance in the form of training and mentoring of the Dharma Bhakti Astra Foundation with the goal of building a green company.The data obtained using quantitative methodologies through the survey method, using two forms of questionnaires namely test and non-test questionnaire. The result of the study showed that: 1.Knowledge of the environment has a positiveand significant relationship with employee participation in upport of environmental programs, health and safety. 2.Environmental awareness has a positive and significant relationship with employee participation in support of environmental programs, health and safety. 3.Knowledge of the environment and environmental concerns together has a positive and significant relationship with employee participation in support of environmental programs, health and safety. It can be concluded hat what if the knowledge about the environment and environmental concerns together increased, the participation of employees in support of environmental programs, health and safety work will also rise.

 

Keywords: Knowledge, Environment, Awareness, Participation, and Health And Safety

References

Dillon, Ann G., 2003, Making study Skills, Riding and Writing.United Kingdom: Thomson Wadsmorth.

Expanding Horizons, 2007, Astra International, enterprise at your service, Jakarta.

Suriasumantri,Jujun S., 1995, Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Soetrisno,Loekman, 1995, Menuju Masyarakat Partisipatif, Jakarta: Kanisius.

Taliziduhu,Ndraha, 1990, Pembangunan Masyarakat, Jakarta: Rineke Cipta.

ohsas@matrix0.org.

Darley,John M., et. al., 1986, Psychology, New Jersey: Prentice-Hall. Inc,.

Dharmavipala, Y.A., Kepedulian Terhadap Lingkungan(http://www14brinkster.com/puud/ artikels / res-dhamma 12.html), p.1. (diakses 6 Januari 2011).

Downloads

Published

2014-07-22

How to Cite

Kosasih, M. (2014). PARTISIPASI KARYAWAN DALAM MENDUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PROGRAM LINGKUNGAN,KESEHATAN DAN KESEHATAN KERJA (LK3). Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JTI-UBH/article/view/3406