ANALISIS MULTIDIMENSIONAL SCALING JASA PENGIRIMAN PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui posisi dari JNE dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya. Penelitian dilakukan dengan dua metode yaitu dengan multidimensional scaling dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis multidimensional scaling menghasilkan pesaing JNE dari setiap variable pertanyaan. Pada X1 JNE bersaing dengan Fedex dan DHL, sedangkan X2 JNE bersaing dengan Fedex dan Dakota dan X3 JNE bersaing dengan Tiki dan DHL. Pada X4 JNE bersaing dengan ESL dan Fedex, X5 JNE bersaing dengan Fedex dan Pos, X6 JNE bersaing dengan Dakota dan Tiki, X7 JNE bersaing dengan Pos dan Dakota, X8 JNE bersaing dengan Tiki dan Fedex, X9 JNE bersaing dengan ESL dan DHL, X10 JNE bersaing dengan Pos dan ESL, X11 JNE bersaing dengan Tiki dan Dakota, X12 JNE bersaing dengan Tiki dan Dakota, X13 JNE bersaing dengan Pos dan Fedex, X14 JNE bersaing dengan Tiki dan ESL, X15 JNE bersaing dengan Pos dan ESL, X16 JNE bersaing dengan Tiki dan Dakota, X17 JNE bersaing dengan DHL dan Dakota, X18 JNE bersaing dengan Fedex dan Dakota, X19 JNE bersaing dengan Fedex dan ESL, dan X20 JNE bersaing dengan Pos dan Fedex.
Kata kunci : Jasa Pengiriman, JNE, Deskriptif, Multidimensional Scaling.
ABSTRACT
This research had been conducted to known positioning of JNE compared to other delivery services. The study was done by two methods, namely by multidimensional scaling and descriptive analysis. Result show that the analysis of multi-dimensional scaling pointed out competitor of JNE for every variables.variable X1 show that JNE compete with Fedex and DHL, while variable X2 JNE compete with Fedex and Dakota and X3 JNE compete with Tiki and DHL. Result also show that for variable X4 JNE compete with esl and fedex, X5 JNE compete with Fedex and Post Office, X6 JNE compete with Dakota and Tiki, X7 JNE compete with Post Office and Dakota, X8 JNE compete with Tiki and Fedex, X9 JNE compete with ESL and DHL, X10 JNE compete with ESL and post Office, X11 JNE compete with Tiki and Dakota, X12 JNE compete with Tiki and Dakota, X13 JNE compete with Fedex and post Office, X14 JNE compete with Tiki and ESL, X15 JNE compete with ESL and Post Office, X16 JNE compete with Tiki and Dakota, X17 JNE compete with Dakota dan DHL, X18 JNE compete with Fedex and Dakota, X19 JNE compete with Fedex and Esl, and X20JNE compete with Post Office and Fedex.
Keywords: service delivery, JNE, descriptive, and multidimensional scaling.
References
Agus. (2012). Penerapan Analisis Multivariat dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Malhotra, Naresh K. (2005). Riset Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.
Puspitasari Budi Nia. (2011). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemakaian Produk Layanan Seluler Dengan Mempertimbangkan Aspek 7P’S Of Marketing (Studi Kasus : PT. Telkom Area Blora). Semarang.
Supranto.J. ( 2010). Analisis Multivariat. Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta
Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wisnalmawati. (2000). Analisis Posisi Surat Kabar Harian Berdasarkan Persepsi Pelanggan Di Kotamadya Yogyakarta. Malang.