PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP SOCIAL DISCLOSURE PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TELAH GO PUBLIC

Authors

  • Zulbahridar Zulbahridar Fakultas Ekonomi Universitas Riau
  • M. Rasuli Fakultas Ekonomi Universitas Riau
  • Iveny Vironica Fakultas Ekonomi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.37301/jkaa.v0i0.4879

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberi gambaran tentang praktek pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia dan mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan (size perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan profile) terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah emua perusahaan manufaktur yang tercatat (Go Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) seperti tercantum dalam ICMD 2007. Pada ICMD tersebut diketahui bahwa jumlah perusahaan manufaktur yang tercatat (Go Public) adalah 146 perusahaan yang terbagi dalam 19 kategori perusahaan. Dari hasil penelitian menghasilkan bahwa β1=0,419, β2=-0,007, β3=0,558 dan β4=0,430 dimana dengan taraf signifikansi 5%. Secara simultan ada pengaruh yang signifikan faktor-faktor size perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris dan profile perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Pengaruh tersebut sebesar 34,5% sedangkan sisanya sebesar 65,5% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain. Secara parsial hanya profitabilitas yang tidak berpengaruh secara signifikan namun hasil penelitian berhasil menemukan arah hubungan negatif antara profitabilitas dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Published

2009-10-01

Issue

Section

Artikel