PENGARUH KEPUASAN PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI DELIVERY DAN PROFESIONALISME DI DINAS TENAGA KERJA DAN PERINDUSTRIAN KOTA PADANG

Penulis

  • Wenny Astuti, Dasman Lanin .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kepuasan pegawai
terhadap kualitas pelayanan melalui delivery dan profesionalisme secara bersama-sama maupun
parsial baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui perantara) di Dinas Tenaga Kerja dan
Perindustrian Kota Padang. Kepuasan pegawai dibedakan menjadi tiga bentuk kepuasan yaitu
kepuasan kerja (job satisfaction), kepuasan equitas (equity satisfaction) dan kepuasan diskonfirmasi
(disconfirmation satisfaction). Konsepsi penelitian ingin membuktikan ada atau tidaknya pengaruh
variabel penyebab (eksogen) terhadap variabel akibat (endogen). Metode penelitian menggunakan
kuantitatif asosiatif dengan subjek penelitian pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota
Padang. Sampel diambil dengan proportionate stratified random sampling. Dengan menggunakan
formula slovin diperoleh sampel 47 responden. Data dikumpulkan menggunakan angket skala likert
yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya. Sebelum dianalisis menggunakan analisis jalur (path
analysis) terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik dan regresi. Hasil uji hipotesis membuktikan
adanya pengaruh signifikan masing-masing variabel eksogen (job satisfaction, equity satisfaction
dan disconfirmation satisfaction) terhadap variabel endogen (delivery, profesionalisme dan kualitas
pelayanan) baik secara simultan maupun secara parsial. Masing-masing variabel tersebut memiliki
kontribusi pengaruh yang berbeda-beda terhadap kualitas pelayanan di Dinas Tenaga Kerja dan
Perindustrian Kota Padang. Implikasi penelitian secara teoritis adalah bahwa teori yang digunakan
dalam penelitian ini masih cukup aktual dan relevan sehingga pada penelitian ini tidak
menggugurkan teori yang sudah ada, akan tetapi dapat memperkuat teori yang digunakan.
Kata Kunci: Kepuasan Pegawai, Kualitas Pelayanan, Delivery dan Profesionalisme.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-25